Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis

Jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Pemilu 2024: Harapan dan Kekhawatiran Masyarakat

11 November 2023   08:37 Diperbarui: 11 November 2023   08:38 492
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/a-man-reading-his-vote-ballot-7103152/

Pemilu 2024 akan menjadi pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Pemilu ini akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Penyelenggaraan pemilu ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui harapan dan kekhawatiran masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu ini. Harapan dan kekhawatiran masyarakat dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam mempersiapkan penyelenggaraan pemilu.

Berdasarkan hasil wawancara dan survei yang dilakukan, ditemukan bahwa harapan masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 adalah:

  • Pemilu yang jujur, adil, dan transparan. Masyarakat berharap pemilu ini dapat berjalan dengan bebas dan tanpa adanya kecurangan. Masyarakat juga berharap bahwa hasil pemilu dapat mencerminkan kehendak rakyat yang sebenarnya.
  • Pemilu yang aman dan tertib. Masyarakat berharap pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan tertib. Masyarakat juga berharap tidak terjadi konflik antar pendukung paslon.
  • Pemilu yang menghasilkan pemimpin yang berkualitas. Masyarakat berharap pemilu ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan bisa membawa Indonesia menjadi lebih baik.

Selain harapan, masyarakat juga memiliki kekhawatiran terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024. Kekhawatiran masyarakat antara lain:

  • Potensi terjadinya kecurangan. Masyarakat khawatir akan adanya kecurangan dalam Pemilu 2024. Masyarakat khawatir kecurangan ini dapat dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, baik dari penyelenggara pemilu maupun dari pendukung paslon.
  • Potensi terjadinya konflik. Masyarakat khawatir akan terjadinya konflik antar pendukung paslon. Masyarakat khawatir konflik ini dapat menimbulkan kerusuhan dan mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.
  • Potensi rendahnya partisipasi masyarakat. Masyarakat khawatir partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 akan rendah. Masyarakat khawatir hal ini dapat menyebabkan hasil pemilu tidak mencerminkan kehendak rakyat yang sebenarnya.

Peran Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu

Harapan dan kekhawatiran masyarakat terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 perlu menjadi perhatian pemerintah dan penyelenggara pemilu. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu bekerja keras untuk mewujudkan harapan masyarakat dan meminimalisir kekhawatiran masyarakat.

Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan harapan masyarakat, antara lain:

  • Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu, mulai dari penyusunan regulasi, sosialisasi pemilu, hingga pelaksanaan pemilu.
  • Membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu membangun kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemilu.

Pemerintah dan penyelenggara pemilu juga perlu melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir kekhawatiran masyarakat, antara lain:

  • Meningkatkan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu meningkatkan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemilu, baik oleh pengawas internal maupun pengawas eksternal.
  • Menyelesaikan konflik secara damai. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu menyelesaikan konflik secara damai, jika terjadi konflik antar pendukung paslon.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu. Pemerintah dan penyelenggara pemilu perlu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemilu.

Pemilu 2024 adalah tanggung jawab bersama pemerintah, penyelenggara pemilu, dan masyarakat. Dengan kerja sama yang baik, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun