Mohon tunggu...
MUHAMMAD HARI SETIADI
MUHAMMAD HARI SETIADI Mohon Tunggu... Lainnya - MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERITAS MUHAMMADIYAH RIAU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu

9 Juli 2021   09:28 Diperbarui: 9 Juli 2021   09:44 40 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kedudukan Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pancasila sebagai ideologinya.Pancasila sebagai ideologi negara merupakan dasar pengembangan ilmu yang harus dikembangkan,dilaksanakan berdasarkan nilai nilai pancasila.Dalam hal ini,untuk membangun bangsa Indonesia kita membutuhkan seorang pemimpin yang adil,bijaksana dan amanah dalam memegang Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Dalam membicarakan pemimpin,pasti kita ingin mempunyai pemimpin yang berprilaku baik serta mengerti artinya pancasila sebagai dasar negara kita dalam pengembangan ilmu.Jika kita salah memilih pemimpin dapat membuat negara ini akan terpecah belah dan tidak bisa untuk maju seperti negara maju lainnya.

Seorang pemimpin yang kita pilih haruslah memiliki karakter yang pancasilais,yang sangat bertanggung jawab atas keputusan yang diambilnya berdasarkan prinsip kita bermusyawarah untuk mencapai kata mufakat yang telah kita terapkan dari dulu dalam kehidupan ilmiah ini.

Bangsa Indonesia memiliki banyak norma yang harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.Nilai pancasila sangat dibutuhkan karna bangsa Indonesia  memiliki banyak suku,budaya,agama dan secara wilayah terdiri dari banyak pulau.Hal ini sebagai warga negara kita harus mencerminkan sikap dan norma yang terdapat dalam pancasila yakni sebagai ideologi kita.Contohnya seperti sesama manusia kita tidak boleh saling mengejek,mengunggulkan daerahnya,memiliki sikap toleransi dan saling memahami setiap warganya agar kita tidak mudah dipecah belah.

Keteladan seorang pemimpin yang memiliki sifat pancasila akan menjadi sosok yang dapat memberikan contoh bersikap,berprilaku yang baik bagi rakyat yang di pimpinnya.

Salah tokoh pemimpin yang Pancasilais

Abdurrahman Wahid atau dikenal dengan Gusdur .Saat menjabat  sebagai Presiden RI,Pak Gusdur menunjukkan nilai dari sila pertama yaitu " Ketuhanan Yang Maha Esa " karena beliau mengatakan hidup harus saling bertoleransi dan beliau tidak membeda-bedakan keberagaman keyakinan yang terdapat pada Indonesia.Pak Gusdur menggerakkan bangsa Indonesia untuk saling mengerti dan memahami sesama warga menganut kepercayaan masing-masing.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN