Mohon tunggu...
M. Halbi Qastalany Syibli
M. Halbi Qastalany Syibli Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa UPN Veteran Jakarta yang memiliki hobi membuat karya 2D

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Rahasia Sukses Mengatasi Rasa Cemas saat Presentasi: Pandangan Ahli Sosiolog dan Mahasiswa

16 Juni 2023   13:59 Diperbarui: 17 Juni 2023   23:47 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://detail73.com/2022/11/06/rektor-unasman-polman-dr-hj-chuduriah/r gambar

Jakarta, 15 Juni 2023 - Ketakutan berbicara di depan umum kini dapat diatasi melalui strategi efektif. Ahli Sosiolog dan Mahasiswa yang telah berhasil menghadapi ketakutan tersebut berbagi strategi untuk mengatasi rasa cemas saat presentasi.

Mengatasi rasa cemas saat harus berbicara di depan umum menjadi keahlian penting di era digital saat ini. Melalui wawancara dengan ahli Sosiolog dan Mahasiswa yang telah berhasil mengatasi rasa cemas, beberapa strategi efektif terungkap.

Nur Muzdia, seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila, berhasil mengatasi rasa cemas saat berpresentasi. Muzdia membagikan pengalamannya yang unik dalam menghadapi ketakutan berbicara di depan umum.

"Saya merasa cemas yang luar biasa saat harus berbicara di depan audiens besar. Namun, untuk mengatasi hal ini, saya mencoba untuk berpura-pura menjadi oranglain. Saya mulai berlatih berbicara di depan cermin sambil mengenakan topeng teater. Mengapa topeng teater? Ini membantu saya merasa terlepas dari beban dan ekspektasi sosial. Saya merasa bebas untuk menjadi karakter yang kuat dan percaya diri di atas panggung. Melalui latihan ini, saya berhasil mengurangi kecemasan dan meningkatkan performa saya dalam presentasi publik." Ujar Muzdia.

Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si, Rektor dari Universitas Al Asyariah Mandar sekaligus ahli Sosiolog terkemuka, membenarkan bahwa berimajinasi dan berpura-pura dapat merubah sugesti seseorang.

"Dalam menghadapi rasa cemas saat presentasi, terkadang diperlukan pendekatan yang tidak konvensional untuk memberikan kepercayaan diri yang besar. Salah satu strategi yang saya temukan efektif adalah dengan menggunakan teknik visualisasi kreatif,"

Menurutnya, menggunakan teknik visualisasi kreatif, dapat merubah sugesti seseorang dengan mudah. "Cara saya menggunakan visualisasi kreatif ini dengan saya mengatakan kepada diri saya bahwa saya adalah seorang ahli dalam berkomunikasi, dan semua orang mengetahui itu" sambung Dr. Chuduriah.

Para narasumber sepakat bahwa mengatasi rasa cemas membutuhkan sikap positif terhadap diri sendiri. Dalam pandangan mereka, dengan menganggap diri sendiri sebagai individu yang lebih baik, secara psikologis otak kita akan secara langsung meningkatkan kepercayaan diri.

Dengan memahami strategi yang terbukti berhasil dan menerapkannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing, siapa pun dapat maju dan menghadapi ketakutan berbicara di depan umum dengan percaya diri. Mengatasi rasa cemas saat presentasi merupakan tantangan yang dapat diatasi dengan strategi yang tepat.

Dokumentasi: Pascawawancara dengan Narasumber 
Dokumentasi: Pascawawancara dengan Narasumber 
Muhammad Halbi Qastalany Syibli - 2010411022

Ilmu Komunikasi - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

UAS Jurnalistik dan Media Penyiaran

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun