Mohon tunggu...
Muhammad Ghulam
Muhammad Ghulam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ekonomi Islam FEB Unpad

Jelajahilah ruang kata-kata dan temukan keajaiban di dalamnya

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Kekaguman Terhadap Sang Idola: Iwan Fals

10 Mei 2020   15:42 Diperbarui: 30 Juli 2021   15:12 469
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang penggemar musik pasti memiliki penyanyi atau band idolanya masing-masing. Maka jika saya ditanya siapa idola saya dalam hal musik, jawabannya adalah Iwan Fals.

Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listanto, lahir di Jakarta pada tanggal 3 September 1961. Iwan Fals adalah salah satu sosok legenda di dalam dunia permusikan Indonesia. Beliau merupakan seorang penyanyi bergenre pop, country, rock, dan folk pop. 

Iwan Fals telah melahirkan ratusan banyak lagu sepanjang hidupnya. Uniknya, lagu-lagunya sarat akan kritik sosial, bahkan terkesan sebagai penyambung lidah rakyat. Melalui lagunya, Iwan Fals kerap menggambarkan potret suasana kehidupan sosial yang ada di Indonesia. 

Seringkali juga lagunya mengkritik terhadap kondisi politik, ekonomi, isu lingkungan, dan agama. Namun, Iwan Fals juga membawakan lagu - lagu bertema romansa percintaan. Melalui karyanya itulah, Iwan Fals banyak disukai dan dikagumi oleh penggemarnya, termasuk saya.

Di samping karya-karyanya, saya terkagum akan sosok pribadi Iwan Fals yang berkharisma dan sederhana. Saya pun terkagum akan kisah perjuangan hidupnya.

Perjuangan Iwan Fals menjadi salah satu musisi legenda Indonesia didapat dengan cara yang tidak mudah. Perjuangan Iwan Fals bermula dari hanya mengamen. Dia juga pernah menjadi pengisi acara-acara hajatan. Dari mengamen itulah, kemampuan bermusik Iwan Fals menjadi terasah.

Selanjutnya, Iwan Fals mulai mencoba cara yang lebih serius, yaitu dengan mencoba rekaman album. Dari sinilah, nama Iwan Fals menjadi lebih dikenal banyak orang. Sampai tergabung dalam SWAMI, namanya kian meroket dengan hits lagunya yaitu Bento dan Bongkar. Setelah itu Iwan Fals sering mengadakan konser-konser besar.

Dari perjuangannya itu, berbagai peristiwa pilu pernah beliau rasakan. Albumnya pernah gagal di pasaran, dipersekusi oleh aparat keamanan karena lagunya yang dinilai terlalu keras mengkritik pemerintahan orba, keluarganya diteror, sampai puncaknya yaitu kematian anak sulungnya, Galang Rambu Anarki, yang membuatnya vakum bermusik selama beberapa tahun.

Namun, dari proses jatuhnya itu Iwan Fals berhasil bangkit kembali. Ia tak ingin terlalu lama berlarut-larut dalam keterpurukan. Semangat bermusiknya yang membuatnya mampu meredam kesedihan. Ia pun masih aktif semangat bermusik hingga kini. Dan itulah cerita singkat mengenai perjalanan hidup seorang Iwan Fals yang menginspirasi banyak penggemarnya termasuk saya.

Sedari kecil lagu-lagu Iwan Fals sudah berseliweran di telinga saya. Saat SD, saya sudah mendengar beberapa lagu seperti Bento, Bongkar, Ibu, dan Sore Tugu Pancoran. Saya mendengar lagu-lagu itu entah di jalan, televisi, ataupun di radio. 

Tetapi kala itu, saya terkesan mendengar lagu-lagunya hanya untuk sekejap lalu dan saya belum sangat tertarik pada karya-karya dan sosok Iwan Fals. Mungkin karena masih kecil dan di pikiran saya hanyalah tentang bermain saja, membuat saya tidak hirau akan itu. Dan ketika kecil, saya hanya berselera terhadap lagu anak-anak yang terkesan ceria dan riang, yang syukurnya masa-masa kecil saya diwarnai oleh lagu-lagu itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun