Mohammad Gading, seorang mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, berkesempatan untuk melakukan PKM (Pengembangan Kompetensi Mengajar) yang  bertempat di Ma’had Muwahhadah Islamiyyah Krabi, Thailand. agenda tersebut dilaksanakan berlangsung selama dua bulan, yaitu dari tanggal 17 Juli 2025 hingga 17 September 2025. berkat kerjasama antar dua lembaga yaitu AECI sebagai narahubung dan EAKKAPAP SASANAWICHI ISLAMIC SCHOOL, program ini berjalan dengan baik.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran di Ma’had Muwahhadah Islamiyyah Krabi dengan fokus pada:
1. Peningkatan keterampilan pedagogik guru.
2. Pengembangan metode pengajaran berbasis interaktif.
3. Penerapan media pembelajaran yang inovatif.
4. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam bahasa Arab.
Rangkaian Kegiatan:
1. 17 Juli–31 Juli 2025: Observasi proses belajar-mengajar dan identifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi.
2. 1 Agustus–31 Agustus 2025: Pelatihan intensif bagi guru terkait metode pengajaran aktif, teknik evaluasi, dan penggunaan media pembelajaran modern.
3. 1 September–17 September 2025: Pendampingan langsung dalam kelas untuk mengimplementasikan strategi pengajaran yang telah dilatih.
4. 17 Juli-17 September 2025 : penelitian Skripsi tentang Studi Etnografi, pengajaran Bahasa Arab di Ma'had Muwahhadah Islamiyyah Eakkapap Sasanawich School
Hasil Kegiatan:
1. Guru menunjukkan peningkatan dalam penggunaan metode pengajaran yang lebih variatif.
2. Siswa menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab, baik secara lisan maupun tulisan.
3. Terciptanya lingkungan belajar yang lebih interaktif dan kondusif di Ma’had Muwahhadah Islamiyyah Krabi.
Dengan berakhirnya kegiatan Pengembangan Kompetensi Mengajar di Ma’had Muwahhadah Islamiyyah Krabi, diharapkan hasil yang telah dicapai dapat menjadi landasan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di lembaga ini. Peningkatan kompetensi guru serta penerapan metode pengajaran yang lebih interaktif diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan kemampuan siswa, khususnya dalam penguasaan bahasa Arab.
Krabi, 16 September 2025