Mohon tunggu...
Muhammadfauzi
Muhammadfauzi Mohon Tunggu... Mahasiswa

saya tidak punya riwayat penyakit, cuma saya punya riwayat disakiti

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Etika Bersosial di Dunia Maya

19 Agustus 2019   00:32 Diperbarui: 19 Agustus 2019   00:36 6 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum warahmatullohi Wabarokaatuh.

Apa kabar sobat Kompasiana semoga pembaca semua dalam keadaan sehat dan yang sakit agar diberikan kesembuhannya.

Oke kali ini saya mempunyai gagasan/pendapat/opini mengenai Etika di Media sosial.

Kita sebagai manusia tentu membutuhkan orang lain dalam menjalani kesehariaan kita baik dalam berbagai kebutuhan dan keadaan. Dan salah satunya dalam kita memberikan kontribusi, partisipasi dalam menanggapi berbagai hal di Dunia Maya. Tidak bisa dipungkiri lagi de Era sekarang yang dinobatkan sebagai Era Revolusi Digital 4.0 tentu kita membutuhkan jaringan internet dan berbagai media sosial sebagai tempat kita bersilaturahmi, berbisnis, mencari pengalaman, berbagi kesedihan, mencari hiburan dan motivasi, atau bahkan mencari Jodoh...wkwkwkkk.

Ada beberapa point penting mengenai Etika di Media Sosial.

1. Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.

2. Tidak serta merta membawa hal-hal yang berpotensi menimbulkan potensi konflik seperti perbedaan pandangan, paradigma, dan Dogma, hal-hal berbau fanatisme kesukuan dan agam yang dapat menimbulkan kerusuhan dan melanggar ketertiban umum di medsos.

3. Gunakanlah bahasa yang tidak mengundang emosi seseorang seperti berkata kasar pada kolom komentar, menghina suatu tokoh atau orang dengan kata-kata yang tidak sewajarnya.

4. Tidak perlu kita mengganggap orang lain selalu salah dan kitalah yang paling benar, siapa tahu mereka lebih tau hanya saja ada saatnya mereka bertindak.

Secara sederhana jika kita mengapikasiakan beberapa point tersebut, insya alloh kita akan dihormati sesama pengguna Media Sosial, dan kita akan mendapat Martabat yang baik di Dunia Maya.

Mohon keikhlasannya saya sedang berkarya di Youtube bantu saya Subscribe Channel saya.  sedang dalam tahap pengembangan ini link nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN