Mohon tunggu...
Muhammad Fauzi
Muhammad Fauzi Mohon Tunggu... Buruh - Buruh

Hanya seorang buruh kecil yang hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Pengalaman Ngeblog untuk Melangkah Menuju Dunia Daring

14 Desember 2023   10:05 Diperbarui: 14 Desember 2023   10:08 1060
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blogging tidak lagi menjadi hal yang asing di era digital saat ini. Kutipan "Contedo rei" yang diungkapkan oleh Bill Gates pada tahun 1996 kian relevan dengan semakin maraknya fenomena blogging. 

Saya ingin berbagi sedikit pengalaman ngeblog dan bagaimana hal tersebut membuka berbagai peluang dan memberikan manfaat yang tak terduga.

Pertama-tama, saya harus mengakui bahwa memulai blog bukanlah hal yang mudah, karena memerlukan sebuah keberanian dan kepercayaan diri. Dalam pencapaian pribadi saya, yang paling signifikan adalah peningkatan keahlian menulis. Meskipun pada awalnya sempat merasa ragu, tapi dengan terus berlatih dan mengasah kemampuan, saya pun bisa menulis topik apapun dengan mudah.

Blogging merupakan kanvas kreatif yang luas. Lebih dari hanya sekadar tempat menulis, blog juga menjadi media untuk mengekspresikan diri dan membagikan pengetahuan atau pengalaman kepada orang lain.

Selama perjalanan ngeblog, saya menjadi lebih terbuka terhadap dunia luar, serta belajar banyak hal baru dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Misalnya, saya menulis tentang pengalaman menikmati makanan tradisional dari berbagai daerah yang saya kunjungi. Dari menulis tentang rasa, tekstur, hingga sejarah dari makanan tersebut membuat blog saya menjadi sumber informasi bagi mereka yang tertarik dengan kuliner. Ini benar-benar membuka cakrawala baru bagi diri saya.

Dari yang awalnya hanya sekedar iseng menulis, blog saya kemudian berubah menjadi portofolio digital dan menjadi semacam 'etalase' dimana saya dapat memamerkan keterampilan dan talenta saya.

Bahkan hal ini juga memunculkan kesempatan kerja sama dengan berbagai pihak yang tak pernah saya duga sebelumnya. Selain itu, keuntungan finansial juga menjadi bonus yang sangat menggembirakan. Penghasilan dari iklan, sponsorship, atau endorsement menjadi insentif yang tidak bisa diabaikan. Tentunya, itu membutuhkan kerja keras dan konsistensi dalam mempertahankan kualitas konten.

Akan tetapi, setiap perjalanan pasti ada rintangan. Menjaga konsistensi memposting dan menjaga kualitas konten merupakan tantangan utama. Bahkan, dihadapkan dengan kritikan maupun komentar negatif juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan blogging saya.

Namun, untuk setiap tantangan pastinya akan ada solusi. Menggunakan kalender editorial dan bekerja-sama dengan tim kreatif bisa menjadi solusi untuk menjaga konsistensi dan kualitas konten. Sedangkan untuk masalah kritik, kita harus memahami bahwa setiap orang memiliki hak untuk berpendapat dan belajar untuk tidak terlalu mempersonalisasi komentar negatif adalah kuncinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun