Mohon tunggu...
Muhammad farhan
Muhammad farhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Muhammad Farhan_210903502003_Manajemen A

Muhammad Farhan_210903502003_Manajemen A

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Studi Kasus Bisnis Versus Profit, Dimanakah Posisiku

17 Oktober 2021   13:42 Diperbarui: 17 Oktober 2021   14:02 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA            : Muhammad Farhan

NIM                : 210903502003

KELAS           : Manajemen A

Tugas Mid Test Pengantar Manajemen

"Studi Kasus Bisnis Versus Profit, Dimanakah Posisiku"

Pada kasus kali ini saya di tunjuk sebagai direktur,di perusahaan di bidang pertambangan dan energi yang didirikan oleh kakek saya yang berdiri sejak 50 tahun yang lalu, saya disini menggantikan ayah saya yang menundurkan diri dengan alasan kesehatan.Walau , demikian ayah saya masih terlibat dalam struktur organisasi perusahaan dengan jabatan komisaris direktur bersama dua paman saya di dewan komisaris. Sebagaimana umumnya pada perusahaan keluarga, sebagian besar posisi di struktur organisasi perusahaan diisi oleh keluarga dan kerabat yang sebagian besarnya tidak memiliki kompetensi yang cukup.

Saya ditugaskan oleh dewan komisaris untuk mencapai target profit 300% pada tahun pertama saya menjabat. Target selanjutnya adalah memperluas daerah eksplorasi mineral dan tambang ke daerah lain dngan cara pembukaan lahan baru dan juga dengan mengakusisi beberapa perusahaan kecil untuk bergabung di perusahaan saya.

Selama ini perusahaan tambang saya telah mengeksplorasi mineral di daerah pelosok Kalimantan sehingga perusahaan saya sering berurusan dengan masyarakat adat terkait hak eksplorasi dan eksploitasi di daerah tersebut.Perusahaan saya telah berurusan dengan masalah hokum sejak 30 tahun yang lalu, aktivis lingkungan den Lembaga Swadaya Masyarakat (LMG) beserta masyarakat adat yang telah melakukan protes terkait aktivitas eksplorasi dan eksploitasi tambang dan mineral di daerah tersebut karena aktivitas tersebut dinilai mengganggu ekosistem lingkungan, mengganggu hak-hak masyarakat adat dan menciptakan pencemaran lingkungan.

PERTANYAAN

  • Hal-hal apa saja yang menjadi masalah pada kasus di atas ?
  • Jelaskan apa yang akan anda lakukan pertama kali sebagai seorang direktur terkait masalah ini ? di satu sisi, ada tekanan dari pihak internal perusahaan yang memperkerjakan anda (yang mana salah satu dewan komisaris adalah ayah ) dan sisi lain ada tekanan dari pihak eksternal terkait aktivitas operasional perusahaan anda. Pihak mana yang akan anda prioritaskan ? pihak internal atau pihak eksternal ?
  • Jelaskan solusi yang anda tawarkan terkait masalah ini !

Jawaban :

Yang menjadi masalah pada kasus di atas adalah saya ditugaskan oleh dewan komisaris untuk mencapai target profit pada tahun pertama saya menjabat. Kemudian masalah selanjutnya yaitu perusahan saya adalah perusahaan keluarga yang sebagian besar struktur organisasinya berisi oleh keluarga maupun kerabat yang sebagian besar tidak memilki potensi yang sebagian besar tidak memiliki konpetensi yang cukup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun