Mohon tunggu...
Muhammad Fahmi faturochman
Muhammad Fahmi faturochman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkatkan Budaya Literasi di Masa Pandemi pada Siswa Sekolah Dasar dalam Program KKN UPI

24 September 2021   22:10 Diperbarui: 24 September 2021   22:12 102 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Meningkatkan Budaya Literasi di Masa Pandemi pada Siswa Sekolah Dasar dalam Program KKN UPI
Dokumen pribadi

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Negara Indonesia yang sedang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini yang mana kita ketahui ketahui berlangsung cukup lama yang mana memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek, salah satunya yaitu pada dunia pendidikan. Pendidikan tentunya memiliki peran pernting dalam menunjang kehidupan manusia karena pada dasarnya umat manusia dalam hidupnya tidak akan lepas dari namanya pendidikan.

Dalam bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat terpengaruh dengan adanya perubahan kebijakan dan sistem pendidikan saat ini. Proses pembelajaran yang dilakukan saat pandemi ini mengalami sebuah perubahan yang mana awalnya pembelajaran dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung sekarang dilakukan dengan cara tatap maya yaitu dengan cara daring. 

Hal tersebut tentunya membuat beberapa siswa tepatnya siswa sekolah dasar mengalami kendala yang dialami seperti terkendala jaringan yang mana itu dapat menghambat siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan menghambat dalam melaksanakan budaya literasi.

Literasi merupakan istilah umum yang mengarah pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan juga memecahkan masalah yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kondisi pada saat ini yang kita ketahui banyak anak-anak disekolah dasar sudah lupa akan budaya literasi yang dikarenakan proses pembelajaran yang berlangsung secara daring tersebut.  

Pada program pelaksanaan KKN Tematik yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia yang di lakukan di SDN Hanjuan Samijaya, menerapkan sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi pada anak dan orang tua.

Untuk dapat meningkatkan budaya literasi pada siswa sekolah dasar tersebut kami membuat program yaitu pendampingan pembelajaran kepada para siswa untuk semua mata pelajar. 

Dimana terdapat beberapa anak yang memang diketahui belum dapat membaca dan menulis secara lancar. Selain itu kita juga melakukan metode membaca sebelum mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. 

Selain itupun kami melakukan pembahasan Lembar Kerja Siswa secara luring agar siswapun dapat merasakan langsung cara pembelajaran tatap muka yang selama ini mereka tidak rasakan.

Yang kita ketahui anak lebih senang melihat gambar gambar maupun video pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dalam Literasi. Maka dari itu kita memberikan beberapa poster dan juga video yang dapat membangkitkan minat para siswa.

Respon dari para siswa pun sangat antusias dalam program yang dilaksanakan karena mereka mulai jenuh dalam melaksanakan pembelajaran secara luring. Mereka senang dengan hal-hal baru yang menurut mereka seru. 

Selain seru, apa yang dilaksanakan akan dapat membantu meningkatkan minat mereka untuk dapat melaksanakan budaya literasi dengan antusias.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan