Mohon tunggu...
Ahmad Dzikrullah
Ahmad Dzikrullah Mohon Tunggu... Freelancer - Blogger

Halo I'm Dzikrul! | πŸ“Έ Blogger at https://jejakpanorama.com/ | 🏠 Bali ~ Malang | β›΅ Travel | 🍰 Culinary | 🎧 Lifestyle | πŸ“’ Education | 😁 Happy Person |

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

4 Cara yang Dapat Kamu Lakukan sebagai Bentuk Peduli Lingkungan

2 Juni 2023   19:50 Diperbarui: 2 Juni 2023   20:38 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Akhir-akhir ini perubahan iklim dunia menjadi sorotan yang perlu diperhatikan. Naiknya suhu derajat dunia menjadi yang tertinggi setelah bertahun-tahun lamanya. Kita sendiri merasakan dampak tersebut dalam keseharian kita. Maka dari itu di sini saya akan membagikan hal sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan.

1. Hemat Air

Air menjadi kebutuhan setiap manusia, segala aktivitas harian kita tidak terlepas dari air. Jika kita ingin selalu menggunakan air yang bersih dan sehat, tentu kita harus pintar-pintar menggunakan air sesuai kebutuhan. Contohnya seperti penggunaan shower ketika mandi tentu akan lebih hemat dibandingkan penggunaan gayung. Penggunaan mesin cuci juga membuat kita lebih hemat dalam penggunaan air ketika mencuci baju.

2. Membawa Tas Belanja

Kemanapun kamu pergi selalu selipkan tas belanja untuk membawa barang kemana-mana. Hal ini berfungsi untuk mengurangi pengurangan kantong plastik. Sampah plastik saat ini menjadi salah satu permasalahan yang serius, maka mengurangi penggunaannya dengan menggunakan kantong kain yang bisa digunakan berkali-kali.

3. Membawa Botol dan Kotak Makan Sendiri

Menghindari bertambahnya sampah botol plastik dan bungkus makanan, alangkah lebih baiknya dapat membawa kotak makan sendiri dan mengurangi penggunaan botol plastik. Tidak hanya menjadi lebih hemat kita juga turut menjaga kelestarian alam.

4. Tukar Botol Plastik Menjadi Cuan

Kamu juga dapat memaksimalkan sampah plastik menjadi cuan, saat ini banyak platform digital yang menyediakan media daur ulang sampah plastik yang dapat kamu tukarkan menjadi cuan. Caranya sederhana kamu tinggal menukarkan botol plastikmu ke mesin penukar botol. Jika selesai kamu pun dapat menukarkannya menjadi poin yang nanti dapat kamu tukarkan menjadi cuan.

Demikianlah ulasan saya mengenai praktik baik sederhana yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan. Permasalahan lingkungan dan kerusakan alam tetu menjadi perhatian bersama, butuh banyak pihak yang bergerak untuk mencegah dan mengurangi dampak kerusakan alam. Maka alangkah baiknya kita sebagai manusia memulai kesadaran dari diri sendiri dengan ikut bersama menjaga alam dengan melakukan praktik baik di atas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun