Mohon tunggu...
Ahmad Dzikrullah
Ahmad Dzikrullah Mohon Tunggu... Blogger

Halo I'm Dzikrul! | 📸 Blogger at www.lembaranko.com | 🏠 Bali ~ Malang | ⛵ Travel | 🍰 Culinary | 🎧 Lifestyle | 📒 Education | 😁 Happy Person |

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Berbagi Pengalaman tentang Dunia Ngeblog

16 Februari 2020   13:49 Diperbarui: 16 Februari 2020   13:57 35 0 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbagi Pengalaman tentang Dunia Ngeblog
Photo by Etienne Boulanger on Unsplash

Halo teman semua, kali ini saya ingin menceritakan mengenai pengalaman-pengalaman saya mengenai dunia blog. Hehehe. Iya, saya dulu memang sangat menyukai dunia kepenulisan, sejak saya mahasiswa baru saya sudah mulai melakukan berbagai aktivitas menulis mulai dari menulis cerita pendek, puisi dan lain-lain. Semua hal tersebut saya tulis secara manual di laptop saya ini. 

Pada tahun 2015 tepatnya, saya baru mengenal yang namanya dunia blog. Saya sangat menyukai dunia blog waktu itu. Namun, saya belum memahami secara betul bahwa blog ternyata memiliki banyak fitur dan beberapa hal lain yang bisa kita kembangkan. Saya hanya mengetahui bahwa blog adalah media menulis saya dan memposting karya-karya saya.

Hal-hal yang saya tulis di blog adalah cerita pendek dan puisi, terdapat beberapa karya saya yang saya tulis disana. Hal ini, didasari dengan minat saya ketika memasuki atau bergabung pada organisasi forum lingkar pena, saya bahkan pernah membuat sebuah antologi buku yang berjudul MKM mengatasi kesulitan menulis. 

Waktu itu saya sedang getol-getolnya bersemangat untuk menulis. Namun, saya pernah berada di suatu masa yaitu minder dengan karya tulis saya sendiri yaitu saya melihat banyak teman-teman saya yang justru tulisannya lebih baik dan lebih bagus daripada saya. Jadi, saya pun enggan untuk menunjukan hasil-hasil tulisan saya ke publik dan hanya menjadi konsumsi pribadi saja.

Pada tahap selanjutnya, yaitu memasuk semester tiga perkuliahan saya hampir vakum selama dua tahun dalam dunia kepenulisan. Iya, waktu itu saya benar-benar disibukkan dengan kepengurusan di sebuah asrama yang membuat saya harus fokus untuk tetap mengurus asrama. Hal tersebut membuat saya sudah tidak terjun lagi di dunia kepenulisan dan blogh. Akhirnya blog yang pernah saya buat saya tinnggal hampir selama dua tahun lamanya.

Memasuki semester 7, aktivitas perkuliahan saya sudah mulai mengurang dan tidak padat lagi. Di saat yang sama, saya dipertemukan kembali dengan Ustadz Erik, yaitu pembina FLP di kampus saya. Saya akhirnya bilang ke beliau kalau ingin tergabung lagi dalam dunia kepenulisan dan FLP. Akhirnya berbekal hal tersebut saya diberi sebuah nomor WA yang mana merupakan salah satu anggota FLP cabang malang pusat. 

Saya pun akhirnya bergabung kembali dan mengikuti segala aktivitas yang dilakukan oleh FLP. Sampai tiba saatnya, saya bertemu dengan Mbak Zie, seorang blogger yang telah melalang buana dalam dunia blogger di Kota Malang. Di sini pun saya mulai mengenal dunia blogger semakin dalam lagi.

Melalui langkah tersebut akhirnya saya dipertemukan dengan para blogger-blogger malang raya. Saya bertemu orang-orang baru dan tentunya belajar banyak hal setiap harinya. Pada saat itu juga saya memutuskan untuk mendalami dunia blog. Saya pun membuat blog saya menjadi TLD. Selanjutnya saya meningkatkan akun sosial media saya. 

Akhirnya pun saya ikut serta atau diundang untuk mengikuti berbagai event blogger. Hal inilah yang membuat saya justru semakin senang. Untuk pertama kalinya saya bisa menghasilkan uang melalui blogger. Hal yang pertama kali saya lakukan waktu itu adalah review Mr. Mac Resto yang berada di Suhat Kota Malang. Saya mengikuti serangkaian acara dan mengulas di blog saya tercinta.

Mulai dari situ, saya terus belajar dan belajar dalam dunia blog mulai dari meningkatkan kualitas tulisan hingga bagaimana cara mempercantik blog saya. Saya belajar banyak hal mulai dari membuat tema dengan bukan bawaan dari blog, meningkatkan rating blog dan lain-lain. Saya pun memutuskan untuk tidak memanfaatkan momen ini sendirian akhirnya saya juga mengajak beberapa teman untuk menggeluti dunia blogger juga. Hingga pada akhirnya saya pun dengan teman saya bisa istiwomah dalam dunia blogger.

Hingga saat ini saya masih terus belajar dan belajar dalam dunia blog, setiap harinya saya selalu belajar banyak hal dan masih banyak di luar sana masih banyak yang belum saya pelajari apalgi soal dunia SEO. SEO bagi saya adalah hal misteri yang bisa dipecahkan secara pasti hingga saat ini. Walaupun demikian, sedikit demi sedikit semoga saya bisa belajar banyak hal untuk bisa bermain bersama blog tercinta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x