Mohon tunggu...
Muhammad Arya Arjuna
Muhammad Arya Arjuna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis baru (Mahasiswa UMSU) Penerima Beasiswa Cendekia Baznas (BCB)

Menulis karna hoby bukan karna materi

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

5 Tips untuk Lolos Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)

2 Desember 2021   11:52 Diperbarui: 8 Desember 2021   12:51 338 9 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Instagram.com/lembagabeasiswabaznas

Ternyata sangat mudah untuk lolos Beasiswa, loh!

Banyak siswa/siswi yang ingin melanjutkan pendidikan nya ke jenjang yang lebih tinggi. Akan tetapi, terkendala dengan masalah biaya.  Ditambah lagi dengan masuknya Covid-19 hampir tiga tahun lama nya di Indonesia membuat sejumlah mahasiswa untuk memilih memutuskan pendidikan nya. Hal ini membuat banyak mahasiswa akan longsor nya harapan dan cita-cita nya.

Tak bisa dipungkiri, banyak siswa/siswi yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karna permasalahan ekonomi yang dihadapi keluarga. Maka dari itu banyak lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga zakat  yang membantu para pendidik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, agar tercapai cita-cita nya. Salah satu nya melalui lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang membantu dengan meluncurkan beasiswa kepada sebahagian Universitas yang ada di Indonesia. Hal ini membuat banyak mahasiswa yang bertanya-tanya bagaimana sih cara mendapatkan beasiswa BAZNAS itu. Gak sulit, langsung simak sederet tips dan trik berikut ini, ya!

1. Perlu teliti dalam pengisian berkas 

Sumber: Instagram.com/lembagabeasiswabaznas
Sumber: Instagram.com/lembagabeasiswabaznas

Dalam hal ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengisian berkas. Karna ini merupakan tahap awal dalam penyeleksian berkas. Kelengkapan berkas sangat di perlukan untuk meyakinkan bahwa kita adalah orang yang tepat untuk di berikan beasiswa tersebut.

2. Mengetahui kategori yang dibutuhkan beasiswa BAZNAS

Sumber: Instagram.com/mar_hrhp
Sumber: Instagram.com/mar_hrhp
Mengapa berkas saya tidak lolos? Apa penyebab nya sih. Hal ini sering di pertanyakan sejumlah mahasiswa. Banyak yang tidak mengetahui apa saja kategori yang dibutuhkan dalam beasiswa BAZNAS. Perlu anda ketahui, dalam Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) terbagi menjadi tiga kategori yaitu, BCB Studentpreneur muda, BCB Aktivis muda, dan BCB Teladan muda.

3. Memilih salah satu kategori beasiswa BAZNAS yang tepat 

Sumber: Instagram.com/lembagabeasiswabaznas
Sumber: Instagram.com/lembagabeasiswabaznas
Agar tidak terjadi kekeliruan, perlu kita memilih kategori yang tepat dalam beasiswa BAZNAS itu. Jika kita lebih suka terhadap bisnis maka kita harus mengambil kategori BCB Studentpreneur muda. Akan tetapi, jika kita lebih suka aktif dalam organisasi yang melibatkan kerelawanan atau lainnya kita bisa mengambil kategori BCB Aktivis muda. Selain itu, jika kita lebih suka terhadap prestasi yang diraih kita bisa mengambil kategori BCB Teladan muda. Sekarang BAZNAS bekerja sama dengan 82 kampus sesuai dengan kategori yang dibutuhkan kampus. Hal inilah, yang perlu diketahui oleh para pendidik maupun pembaca yang ingin menerima beasiswa BAZNAS.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan