Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah ST
Muhammad Arif Arofah ST Mohon Tunggu... Insinyur - Teknik Sipil BINUS University 2016 - 2020 (S.T) | Highway and Transport Engineer | Director Marcomm YOT Bekasi 2022 @yotbekasi | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bagaimana Cara Mengapresiasi Seseorang yang Sudah Selesai Presentasi? Coba Ikuti 3 Cara Ini!

11 September 2022   11:18 Diperbarui: 11 September 2022   11:25 158 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sunber Gambar : freepik/wavebreakmedia_micro

Hai Kompasianers! Bagaimana cara mengapresiasi seseorang yang sudah selesai presentasi? Yuk ikuti 3 cara ini versi penulis, supaya kamu bisa belajar menghargai pencapaian orang tersebut:

1. Beri Pujian yang Tulus

Sumber Gambar : Freepik/katemangostar
Sumber Gambar : Freepik/katemangostar

Pujian bisa kamu beri terhadap orang tersebut baik secara kontak fisik atau hanya berupa ucapan lisan. Contoh dari kontak fisik yaitu berjabat tangan, menepuk bahu, atau bahkan memeluknya. Adapun untuk ucapan lisan berupa ucapan selamat yang dapat kamu tambahkan dengan senyum terbuka lebar. Dalam beberapa kesempatan seperti selesai sidang skripsi, kamu juga bisa memberikan bingkisan kado sederhana untuk orang tersebut.

2. Sertakan Alasan Memberi Pujian

Sumber Gambar : Freepik/DrazenZigic
Sumber Gambar : Freepik/DrazenZigic

Pujilah secara tulus hal yang benar - benar kamu sukai terhadap orang tersebut. Misalnya pemaparan materi yang mudah dipahami, pakaian yang rapih, menjawab pertanyaan dengan mudah, dan sejenisnya. Hal tersebut bisa menqmbqh semangat dan kepercayaan diri. Selain itu, pertemanan kalian juga menjadi semakin hangat dan harmonis.

3. Lanjutkan dengan Pertanyaan

Sumber Gambar : Freepik/DCStudio
Sumber Gambar : Freepik/DCStudio

Setelah memberi pujian, kamu dapat melanjutkan nya dengan memberi pertanyaan sederhana yang berkaitan dengan pujian tersebut. Misalnya "Wah bagus sekali presentasi kamu tadi lancar sekali seperti orang yang tidak gugup, seperti apa persiapan nya?". Dengan kamu bertanya, maka orang tersebut beranggapan bahwa kamu begitu peduli dan perhatian secara tulus.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan