Mohon tunggu...
Muhammad Arif Arofah ST MT IPP
Muhammad Arif Arofah ST MT IPP Mohon Tunggu... Insinyur - S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (2022 - 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (2016 - 2020)| Highway and Transport Engineer | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Suka musik keras dan berinteraksi sosial

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Siapkan 5 Hal Ini Saat Presentasi ke Pihak Eksternal agar Mau Bekerjasama di Acara Kamu!

5 Juni 2022   10:56 Diperbarui: 5 Juni 2022   11:23 292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik/yanalya

Hai Kompasianers! Kamu ingin mengenalkan acara kepada pihak eksternal? Misalnya, kamu presentasi acara kampus ke pihak sponsor untuk mendapatkan bantuan dana. Kamu harus mempersiapkan 5 hal ini.

1. Ketahui Informasi Apapun Tentang Yang Akan Kamu Temui

Sumber Gambar: Freepik/asierromero
Sumber Gambar: Freepik/asierromero

Bertujuan agar kamu mempunyai citra  awareness yang baik didepan pihak eksternal, sehingga mereka punya pemikiran "Wah kok dia tahu banget tentang kita ya?". Tidak harus semua, namun kamu perlu mengetahui beberapa point saja, yaitu:

  • Profil : Telusuri tentang kapan berdirinya, latar belakang, serta visi misinya melalui website maupun social media;
  • Produk : Ketahui daftar produk apa saja yang dimiliki oleh brand tersebut. Dan pastikan produk mereka bisa mendukung acara kamu nanti;
  • Riwayat Kerjasama : Reputasi sebuah brand dapat dilihat dari banyaknya kerjasama yang telah dilaksanakan. Sehingga membuat kamu yakin untuk bekerjasama dengan mereka.

2. Kenali Produk Yang Kamu Punya Dari A - Z

Sumber Gambar : Freepik/our-team
Sumber Gambar : Freepik/our-team
Bertujuan agar kamu bisa sial menjawab semua kemungkinan pertanyaan. Karena dipasyikan kalau pihak eksternal akan menanyakan hal teknis/non teknis terkait apa yang kamu presentasikan. Kamu wajib memahami 5 point ini yaitu Profil Organisasi, Latar Belakang Acara, Detail Acara, Riwayat Kerjasama, dan Penawaran Kerjasama. Untuk penjelasan lebih detail, klik link berikut.

3. Kenali Brand Pesaing dan Jangan Menjelekan

Sumber Gambar: Freepik/shurkin_son
Sumber Gambar: Freepik/shurkin_son

Pada setiap bidang industri terdiri dari lebih dari satu brand lho! Hal yang harus kamu ketahui yaitu perbedaan antara brand yang kamu ajukan terhadap pesaingnya. Jangan sekali - kali menjelekan pesaing saat kamu sedang presentasi di depan pihak brand. Selain itu tidak etis, maka nama kamu beserta organisasi akan dicap jelek oleh mereka.

4. Ketahui Semua Potensi Keberatan dan Penolakan

Sumber Gambar: Freepik/luis_mulinero
Sumber Gambar: Freepik/luis_mulinero

Perlu membuat daftar kemungkinan apa saja yang membuat mereka keberatan dan menolak acara kamu. Dan kamu juga harus menyiapkan jawaban terbaik untuk didiskusikan supaya mendapatkan titik tengah. Biasanya ada beberapa hal yang memnbuat pihak brand menolak tawaran kerjasama dengan acara kamu, diantaranya adalah

  • Bentrok Dengan Agenda Lain : Yang menawarkan kerjasama dengan pihak mereka tidak hanya kamu saja lho! Jadi siapa cepat dan cocok, maka dia yang dapat. Pastikan mengajukan penawaran setidaknya 3 bulan sebelum acara kamu dimulai;
  • Budget Tidak Sesuai : Hal tersebut terjadi karena penawaran yang kamu ajukan terlalu tinggi dan banyak. Sedangkan mereka tidak hanya fokus di acara yang kamu ajukan saja. Perlu nya kamu beserta panitia untuk merencanakan hal tersebut dengan matang - matang.

5. Persiapkan Diri Untuk Hal Terbaik dan Terburuk

Sumber Gambar : Freepik/rawpixel.com
Sumber Gambar : Freepik/rawpixel.com

Hal terbaik yang kamu harapkan yaitu supaya bisa diterima. Langkah selanjutnya apabila diterima yaitu:

  • Berterimakasih dan Meminta Kontak : Bertujuan supaya kamu bisa tetap terhubung mulai dari sebelum terselenggaranya acara, saat terselenggaranya acara, dan setelah terselenggaranya acara;
  • Bertanya Langkah Selanjutnya : Biasanya langkah selanjutnya yaitu penandatanganan kontrak seperti MoU (Memeorandum of Understanding)/MoA (Memorandum of Agreement)/LoA (Letter of Agreement). Setiap institusi mempunyai bahasa dokumen yang berbeda - beda. Kamu juga perlu tanyakan, untuk dokumen tersebut akan dibuat oleh pihak siapa.

 Dan hal terburuk yang tidak kamu harapkan yaitu ditolak. Langkah selanjutnya apabila ditolak yaitu:

  • Berterimakasih dan Meminta Maaf : Walau ditolak, tetap kita perlu mengucapkan terimakasih karena pihak mereka sudah mau menyediakan waktu untuk mendengarkan apa yang kamu paparkan. Dan tentunya juga perlu meminta maaf apabila terjadi kesalahan kata/perbuatan;
  • Dapat bekerjasama di acara selanjutnya : Penolakan tersebut dapat menjadi bahan evaluasi kamu beserta tim. Apa yang kamu lakukan saat itu agar tidak dilakukan pada saat bekerjasama dikemudian hari. 

Nah, berikut 5 hal yang perlu kamu siapkan supaya acara kamu bisa diminati oleh pihak eksternal. Pastikan kamu harus merencanakan dengan matang-matang dan mempertimbangkan segala resiko ya.
See You On Top!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun