Mohon tunggu...
Muhammad Angga Riswaluyo
Muhammad Angga Riswaluyo Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswa Universitas Airlangga program studi Antropologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perilaku Konsumtif Masyarakat dalam Penggunaan Media Massa

30 November 2022   02:07 Diperbarui: 30 November 2022   02:18 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia selalu mengalami perubahan, baik dalam bentuk perilaku maupun pola konsumsi. Perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang kian pesat, ditambah dengan kondisi dunia sekarang yang serba tidak terbatas semakin memudahkan manusia dalam mendapatkan akses informasi, terutama yang berkenaan dengan kebutuhan hidup masyarakat. 

Kondisi inilah yang memicu masyarakat tidak bisa menahan dirinya dalam melihat berbagai kebutuhan. Sebagian besar masyarakat cenderung ingin memiliki barang-barang tersebut dan berlebihan dalam membeli atau mengonsumsi. 

Sikap atau perilaku yang mengonsumsi barang secara berlebihan  dan tidak wajar inilah yang disebut dengan perilaku konsumtif. Masyarakat melakukan perilaku konsumtif pada umumnya hanya sebatas kemauan sesaat dan hanya keinginan terhadap barang-barang tersebut dan tentu belum sesuai dengan kebutuhan.

Kebiasaan masyarakat tersebut sering sekali ditemui di dalam berbagai lingkungan masyarakat pada era zaman globalisasi. Perilaku konsumtif kian makin merebak di berbagai lapisan masyarakat, baik yang berada di lapisan bawah maupun di lapisan atas. 

Perilaku ini tidak hanya terbatas terhadap barang kebutuhan hidup dan makanan saja, melainkan terhadap penggunaan media massa, seperti instagram, twitter, facebook, dsb. 

Hal ini didukung dengan pemanfaatan teknologi yang sangat maju memberikan kemudahan yang dirasakan bagi masyarakat saat ini, dimana sekarang mendapatkan informasi, berbelanja, belajar atau kerja bisa melalui platform media massa. 

Salah satu alasan utama dalam upaya peningkatan intensitas penggunaan media massa karena akses yang dilalui sangat mudah hanya dengan menggunakan gadget sudah bisa menjangkaunya.

Salah satu penggunaan media massa adalah untuk berbelanja. Keputusan setiap konsumen untuk membeli suatu produk menjadi kajian khusus bagi setiap perusahaan sebelum memasarkan produknya (Harahap, 2018). 

Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja, yaitu menjaga penampilan diri, berbelanja karena adanya diskon, berbelanja mengikuti trend fashion, dan berbelanja karena iklan (Minanda et al., 2018). 

Masalah yang sering ditemui pada masyarakat saat ini, yaitu perilaku konsumtif yang semakin tak terelakkan, baik dalam bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, dsb . 

Hal ini sebenarnya lumrah terjadi karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk ciptaan tuhan yang kerap kali sulit mengendalikan hawa nafsunya, terutama jika berhubungan dengan keperluan atau kepentingan duniawi. Namun, perilaku konsumtif pada masyarakat harus bisa lebih dikendalikan dengan menanamkan konsep diri yang positif yang akan menciptakan citra diri yang positif pula. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun