Mohon tunggu...
Muhammad Amin Maulana
Muhammad Amin Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Keren, Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Game Android sebagai Media Pembelajaran Pemilahan Sampah

3 Februari 2021   23:21 Diperbarui: 13 Februari 2021   11:10 811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

(Semarang, 03/02/2021). Universitas Diponegoro merupakan salah satu universitas yang mengadakan KKN di Era COVID-19. Salah satu mahasiswa KKN Era COVID-19 Universitas Diponegoro yaitu Muhammad Amin Maulana salah satu dosen pembimbing Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M. Si, membuat media ajar yang menyenangkan berupa game bagi anak-anak usia sekolah di 03 /RW 01, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. 

Sampah merupakan masalah terbesar di Indonesia dengan timbulan sampah yang selalu meningkat mengikuti jumlah penduduk. Dampak dari masalah sampah itu sendiri bisa menimbulkan kerusakan terutaman dari segi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Maka pengelolaan sampah harus terus dilakukan untuk mencegah dampak buruk dari keberadaan sampah. 

(Semarang, 23/01/2021). Mahasiswa ini berinisiatif untuk membuat media ajar tersebut karena keluhan seorang anak yang merasa bosan selama penerapan Study from Home. Sehingga, ia membuat media ajar game berupa visual novel yang dipadukan dengan gambar yang menarik sebagai pembelajaran tentang pemilahan sampah sehingga anak – anak mudah tertarik. 

Permainan ini mempunyai suatu misi atau tujuan yaitu membantu menemukan tempat sampah yang cocok untuk berbagai jenis sampah. Tempat sampah di game tersebut terdapat 3 jenis sesuai yang biasa di temukan yaitu tempat sampah B3, Anorganik, dan Organik. Game ini juga diiringin musik yang membuat bersemangat sehingga anak dapat belajar dengan semangat dan menyenangkan 

Link Game : http://bit.ly/pilahsampahundip

dokpri
dokpri
Selain itu, game ini juga di respon baik oleh anak - anak di wilayah meteseh. Beberapa ibu - ibu meminta linknya untuk mendownload game tersebut. Kegiatan KKN Era Covid-19 ini juga dinilai sangat membantu masyarakat walau di masa pandemi karena mereka dapat mengetahui informasi terkait untuk meningkatkan pembangunan berkelanjutan dan pencegahan COVID-19 melalui program dari kegiatan KKN tersebut.


Nama Mahasiswa KKN     : Muhammad Amin Maulana
Dosen Pembimbing KKN : Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M. Si

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun