Mohon tunggu...
Muhammad FarhanNugraha
Muhammad FarhanNugraha Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

motoran baik

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pentingnya Kolaborasi dalam Organisasi

13 Mei 2024   21:16 Diperbarui: 13 Mei 2024   21:19 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pengembangan Hubungan Manusia: Pentingnya Komunikasi dan Kolaborasi dalam Organisasi

Hubungan manusia dalam konteks manajemen mengacu pada interaksi dan pertukaran yang terjadi antar individu dalam suatu organisasi. Dalam arti luas, hubungan mencakup banyak aspek kehidupan, seperti komunikasi, kolaborasi, dan interaksi sosial.Dalam arti sempit, hubungan antarmanusia menitikberatkan pada interaksi yang terjadi di tempat kerja dan dalam organisasi kerja dengan tujuan untuk meningkatkan semangat dan aktivitas kerja dalam semangat kolaborasi yang produktif.

Pengembangan hubungan interpersonal sangat penting dalam organisasi karena dapat menciptakan kepuasan internal bagi kedua belah pihak. Penghormatan terhadap hak sesama manusia merupakan unsur utama yang menjadi standar hubungan antarmanusia dalam pelaksanaan tugas manajerial. Dalam Islam, prinsip hubungan antarmanusia mengacu pada landasan filosofis yang selaras dengan hakikat harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang mulia. Allah SWT maha Penyayang dan  Penyayang terhadap hamba-hamba-Nya, dan manusia diciptakan untuk hidup bersama  dan bekerjasama.

Dalam organisasi, hubungan diterapkan dalam berbagai cara. Salah satu contohnya adalah pertimbangan individu dan menanggapi kebutuhan mereka. Dalam Islam, ini disebut  "menghormati orang lain".Dengan cara ini, organisasi dapat membangun budaya kolaborasi produktif dan meningkatkan kepuasan karyawan Selain itu, hubungan juga dapat dicapai melalui komunikasi yang efektif.Komunikasi yang baik  membantu  meningkatkan kesadaran dan kepuasan psikologis individu. Dalam Islam, komunikasi digambarkan sebagai "perantara penting dalam proses pengambilan keputusan" [4].

 Kesimpulannya, pengembangan hubungan interpersonal dalam suatu organisasi sangatlah penting  karena dapat menciptakan kepuasan internal bagi kedua belah pihak. Dengan memperhatikan individu, memenuhi kebutuhannya, dan berkomunikasi secara efektif, perusahaan dapat membangun budaya kolaborasi yang produktif dan meningkatkan kepuasan  karyawan. Dalam Islam, prinsip hubungan antarmanusia mengacu pada landasan filosofis yang selaras dengan hakikat harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang mulia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun