Mohon tunggu...
Niam Fuady
Niam Fuady Mohon Tunggu... Pemuda penuh rencana karier

Meningkatkan pengetahuan dengan membaca, berekspresi melalui karya tulisan dan musik

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Stabilitas Sistem Keuangan

3 Agustus 2019   12:38 Diperbarui: 3 Agustus 2019   12:42 0 3 5 Mohon Tunggu...
Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk Stabilitas Sistem Keuangan
Sumber gambar : www.finansialku.com

Indonesia termasuk negara yang hingga saat ini masih mampu menorehkan predikat sebagai negara berkembang. Sebagai negara berkembang, tentu masih banyak yang menjadi pekerjaan rumah bagi negara kita, terutama pada kualitas sumber daya manusia. Diperlukan peningkatan sumber daya manusia untuk menyongsong perjalanan Indonesia menuju negara dengan predikat negara maju.  Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa suatu negara telah mencapai titik kemajuan adalah terletak pada tingkat perekonomian. Suatu negara dapat dikategorikan sebagai negara maju apabila telah memiliki tingkat ekonomi yang kuat. Indonesia masih merencanakan secara bertahap untuk menggapai itu semua.

Presiden kita, bapak Ir. H. Joko Widodo beroptimis bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian yang kuat pada tahun 2030. Optimisme seorang presiden yang merupakan pemimpin negara ini diharapkan dapat memberikan sikap optimis pula kepada masyarakat agar rencana besar dan luar biasa itu dapat terealisasi tepat waktu.

Di samping optimisme, juga diperlukan upaya dan usaha yang konsisten untuk mendukung rencana besar itu. Salah satu upaya dan usaha yang paling utama yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai, maka akan terbuka lebar jalan untuk menuju titik pencapaian dari apa yang telah menjadi mimpi negara kita.

Peningkatan sumber daya manusia yang merupakan aset bangsa adalah jalan yang harus dilalui oleh negara Indonesia. Khususnya sumber daya manusia generasi muda yang nantinya akan melanjutkan perjuangan para pengabdi negara untuk memajukan negaranya. Sumber daya manusia dianggap penting karena manusia adalah pengendali utama dalam berbagai sektor, baik itu sektor industri ataupun sektor pemerintahan.

Dengan diadakannya peningkatan kualitas sumber daya manusia diharapkan agar nantinya dapat meningkatkan pula sektor-sektor seperti sektor industri maupun pemerintahan. Sehingga secara langsung akan mempengaruhi perekonomian negara menuju lebih baik. Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Pendidikan formal yang dimaksudkan di sini yaitu seperti sekolah dan perguruan tinggi. Sedangkan non formal yaitu seperti pelatihan, kursus, work shop ataupun seminar.

 Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas khusus dalam lingkup pendidikan formal yaitu perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan formal yang menyediakan layanan pendidikan melalui program sarjana, master hingga doktor. Di perguruan tinggi ada yang disebut dengan tri dharma perguruan tinggi, yang merupakan acuan perguruan tinggi dalam menjalankan program-program pendidikannya. Tri dharma perguruan tinggi itu sendiri terdiri atas : (1) Pendidikan dan pengajaran; (2) Penelitian dan Pengembangan; dan (3) Pengabdian kepada masyarakat. Setiap mahasiswa yang menempuh pendidikannya di perguruan tinggi akan merasakan bagaimana rasanya menjalankan tri dharma perguruan tinggi tersebut.

Saya sebagai mahasiswa tingkat 2 yang baru hendak menginjak semester 3 tentu belum merasakan keseluruhan dari tri dharma perguruan tinggi. Dari tiga poin yang tertera di dalamnya, hanya poin ke-2 yang belum pernah saya rasakan, yaitu penelitian dan pengembangan. Karena pada dasarnya penelitian dan pengembangan akan mulai dirasakan oleh seorang mahasiswa ketika telah menginjak masa-masa mendekati akhir kuliah.  Sebagai mahasiswa, tentu saya tidak akan menyiakan waktu yang sangat singkat ini.

Saya selalu mengupayakan untuk menjadi mahasiswa yang aktif agar penempuhan pendidikan saya menjadi efektif serta dengan harapan besar dapat bermanfaat dan dapat memberikan kontribusi kepada negara kelak. Apakah berkontribusi kepada negara harus menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu? Tentu saja tidak. Menjalankan tri dharma perguruan tinggi itu sudah termasuk berkontribusi kepada negara.

Pendidikan dan pengajaran, termasuk dalam kontribusi kepada negara. Karena dengan kita belajar sungguh-sungguh, maka nantinya akan memberikan manfaat kepada negara.

Penelitian dan pengembangan, juga merupakan kontribusi kepada negara. Karena dengan kita melakukan penelitian dan pengembangan, secara langsung akan memberikan pengaruh positif kepada negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3