Mohon tunggu...
M. Agus Salim
M. Agus Salim Mohon Tunggu... Winning In Life

Mahasiswa Eksyar, UIN Raden Intan Lampung

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Melangitkan dan Mengejar Impian

5 Oktober 2020   14:30 Diperbarui: 5 Oktober 2020   14:28 47 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melangitkan dan Mengejar Impian
Ilustrasi Impian (Sumber: isbpanthernation.com)

Banyak orang merasa takut untuk mencipta impian dalam diri, padahal bermimpi bukankah sesuatu yang cuma-cuma? Takut adalah sebuah mindset yang tidak akan mencipta kemajuan diri. Impian adalah buah keinginan dan harapan baik seseorang tentang masa depannya. 

Bermimpi adalah sebuah sikap yang diajarkan setiap kepercayaan, bagaimana seseorang memunculkan keyakinan optimisme diri bahwa semuanya adalah mungkin; jika mau berupaya dan berdoa lalu berpasrah atas usaha dan doa tersebut. Bermimpi juga artinya berdoa serta sarana refleksi untuk berpikir maju atau positif thingking.

Sebuah impian dan keyakinan kuat adalah ibarat gaya gravitasi; memiliki sifat tarik menarik. Karena saat impian dan keyakinan menghujam kuat, maka semesta akan bergerak dan membantu memudahkan apa yang dicita-citakan seseorang. Kemudian juga ditambah effort maksimal serta visualisasi diri; yakin bahwa seakan impianmu sudah didapat. Hal tersebut akan memberikan kemantapan langkah mewujudkan impian.

Yang paling terpenting dalam bermimpi adalah bukan tentang "Aku ingin kaya, Aku ingin membeli Mobil, Aku ingin membeli Rumah dan lainnya". Namun seharusnya adalah belajar dan berjuang melakukan yang terbaik untuk mengembangkan kekuatan pribadi agar sanggup membeli semua hal tersebut. Rumah, mobil dan lainnya itu hanyalah simbol untuk menjadi sosok orang yang dapat mencapai impian. Impian sesungguhnya adalah "kamu harus menjadi siapa dalam proses itu". Dalam realitanya ada beberapa jenis pemimpi, diantaranya:

1. Pemimpi yang bermimpi di masa lampau

Orang seperti ini adalah yang gemar puas dengan pencapaian yang  dilewati, contoh: bangga masuk universitas bergengsi, mendapat nilai bagus dan lainnya. Selalu membayangkan pencapaian masa lalu. Seseorang yang bermimpi di masa lampau adalah orang yang hidupnya telah berakhir. Orang ini perlu menciptakan impian di masa depan supaya kembali hidup.

2. Pemimpi yang hanya memimpikan impian kecil

Pemimpi ini hanya akan memimpikan impian-impian kecil karena mereka ingin merasa yakin mereka dapat mencapainya, atau cari aman dalam mimpinya. Mereka hidup seperti kura-kura, makan dan minum dalam ruangan yang tenang. Kebanyakan tidak pergi kemana-mana dan mereka tidak keberatan dengan itu.

3. Pemimpi yang telah mecapai impian mereka dan belum menentukan impian baru

Ini adalah contoh seseorang  yang telah berhasil mencapai impiannya dan terus hidup dalam impian itu. Kebosanan biasanya merupakan indikasi bahwa sudah waktunya menetukan impian baru.

4. Pemimpi yang mempunyai impian besar tetapi tak mempunyai rencana bagaimana mencapainya, sehingga akhirnya tidak mencapai apa-apa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x