Mohon tunggu...
Sosbud

Pentas Seni SMP Labschool Jakarta "Elitaraxia"

28 November 2018   07:19 Diperbarui: 28 November 2018   07:54 75 0 0 Mohon Tunggu...

SMP Labschool Jakarta mengadakan pentas seni (Pensi) dengan nama Elitaraxia pada hari Sabtu, 17 November 2018. Acara Pensi yang diadakan setahun sekali ini dimeriahkan oleh seluruh sekolah Labschool yaitu dari Labschool Jakarta, Labschool Kebayoran dan juga Labschool Cibubur. Acara berupa penggung pentas seni yang diadakan di lapangan depan sekolah Labschool Jakarta. Ada panggung yang sangat megah berdiri di tengah dan beberapa spanduk sponsor yang ikut membantu terselenggaranya acara tersebut.

Acara Pensi dimulai dari pukul 7 pagi sampai dengan jam 3 sore. Acara pensi juga dimeriahkan oleh bazar yang menjual aneka makanan dan barang-barang. Peserta maupun penonton bisa menikmati pertunjukkan dan juga berbelanja aneka makanan dan minuman seperti burger, siomai, ayam bakar dan lain-lain yang disediakan oleh ibu-ibu POMG. Jadi penonton tidak akan kelaparan atau haus karena berbagai macam jajanan yang sehat tentunya ada disana.

Seluruh perserta dari seluruh Labschool menampilkan pertunjukkan terbaiknya. Teman-teman yang berpartisipasi dalam pensi menampilkan kesenian berupa tari, lagu dan musik. Beberapa tarian daerah seperti tari saman dan tari dari Kalimantan ditampilkan oleh teman-teman dari kelas 7 Labschool Jakarta. Mereka menari dengan baik sekali. Teman-teman kelihatan berbeda dengan dandanan yang sangat cantik dan baju tarian daerah yang bagus. Terlebih tari Saman ditampilkan dengan sangat kompak dengan gerakan-gerakan yang indah dan irama yang cepat. 

Tari Saman memang selalu menjadi kebanggaan Labschool karena merupakan salah satu ekskul yang sering tampil dan mendapat juara di berbagai lomba atau kegiatan. Semua orang senang dan bertepuk tangan menyaksikan penampilan mereka. 

Ada satu lagu yang aku suka yaitu "We will rock you" yang dinyanyikan oleh teman-teman dari SMP Labschool Cibubur. Mereka bernyanyi tanpa diiringi musik, hanya menggunakan suara mulut atau acapela, tapi bagus sekali. Kalau ada pensi tahun depan, ingin rasanya aku juga tampil di panggung seperti teman-teman yang lain, pasti seru.

Dalam Pensi ini, aku juga berkesempatan melakukan kegiatan Labscare, yaitu kegiatan sosial yang wajib dilakukan oleh murid Labschool selama menjadi siswa Labschool, bisa berupa apa saja selama itu merupakan bentuk kegiatan sosial baik bantuan kemanusiaan, kebersihan, kesehatan dan lain-lain. 

Kali ini kami melakukan Labscare yaitu bertugas membantu membersihkan sampah-sampah yang terdapat di sekitar area Pensi. Jadi, sambal menikmati hiburan, kami juga sekaligus bisa berbuat baik. Banyak sekali teman-teman sekelasku yang juga melakukan kegiatan Labscare ini. Saking banyaknya, ibu guru membagi kami ke dalam 3 kelompok waktu, yaitu dari pukul 9 sampai 11 pagi, pukul 11 sampai jam 1 siang, dan dari pukul 1 sampai 3 sore. 

Aku ikut kelompok kedua yaitu yang jam 11 sampai jam 1 siang. Aku membawa kantong sampah besar dan memakai sarung tangan plastik. Sampah-sampah aku pungut dengan tangan dan aku masukkan ke dalam kantong sampah besar, kemudian kantong sampah kami dikumpulkan. Aku senang dalam kegiatan Labscare ini karena aku jadi ikut menjaga kebersihan sekolah, dan juga merasakan betapa tugas petugas kebersihan sangat penting dan sangat mulia. 

Pensi berjalan baik dan juga lingkungan tetap bersih. Sebenarnya tidak banyak sampah yang berserakan karena hampir semuanya sudah sadar dalam membuang sampah di tempat sampah. Jadi kami hanya membantu mempermudah teman-teman yang ingin membuang sampahnya supaya tidak jauh karena kami berada dekat dengan teman-teman dan penonton pensi. Cukup melelahkan tapi kami semua senang.

VIDEO PILIHAN