Mohon tunggu...
Muhammad Dega
Muhammad Dega Mohon Tunggu... Seseorang yang sedang mencari jawaban akan sesuatu

Selamat datang di halaman saya

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

E-sports di SEA games, titik puncak naiknya nama E-sports di Indonesia?

10 November 2020   00:56 Diperbarui: 10 November 2020   23:02 65 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
E-sports di SEA games, titik puncak naiknya nama E-sports di Indonesia?
Sumber : youtube (Garena AOV Indonesia)

E- Sports, mungkin termasuk kata - kata yang baru kita dengar dan gunakan sebagai perwakilan dari Electronic Sports dimana termasuk olahraga yang menggunakan komputer atau gadget lainnya dimana olahraga ini terkait terhadap game yang ada di komputer, konsol, mobile, dan platform lainnya. Pada awalnya mungkin game tidak memiliki pengakuan sebagai suatu cabang olahraga dan tidak patut dikategorikan atau di karakterisasikan sebagai cabang dari olahraga tersebut.

Tetapi beberapa tahun terakhir E-Sport akhirnya mendapatkan pengakuan dunia sebagai cabang olahraga. Karena secara kompetetif atau di tingkat professional, e-sport juga sama seperti olahraga lainnya dimana memerlukan perpaduan antara kecepatan, refleks, dan bahkan strategi.

Diatas adalah satu dari contoh Indonesia di ranah e-sports cabang Arena Of Valor, jika membayangkan ini di 8 tahun belakang mungkin hal seperti ini tidak akan terjadi karena sedikit pengakuan rakyat Indonesia terhadap e-sports. Bahkan, orang - orang banyak yang masih menganggap bermain game itu hanyalah untuk membuang waktu dan tidak ada manfaatnya. Tapi, perwakilan Indonesia di cabang E-sports ini membuktikan kepada mereka bahwa dengan bermain game juga. Seseorang bisa mengharumkan nama bangsanya.

Pada awalnya untuk mendapatkan pengakuan bisa membawa nama baik Indoensia di e-sports tentu sulit karena masih sedikit pengakuan dari rakyat Indonesia. Tetapi karena wujud rasa kecintaan dan tingginya rasa Nasionalisme mereka kepada Indonesia mereka terus berjuang dan membuktikan bahwa mereka bisa membuat nama Indonesia harum dan diakui di kancah Internasional. 

Dalam satu poin sendiri mereka juga telah mengamalkan beberapa makna dari sila ketiga Pancasila yaitu : 

  1. Setiap manusia indonesia cinta tanah airnya.
  2. Memiliki jiwa nasionalisme dan patriotism

Mereka juga membuktikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia bisa melakukan apapun untuk membuktikan rasa cinta tanah air Indonesia. Disaat banyak orang yang mungkin mencemooh negaranya sendiri mereka malah berusaha sekeras mungkin untuk mengharumkan nama Indonesia. Hal ini mungkin bisa jadi renungan dan ajakan untuk kita "ayo kita cintai lah negara kita sendiri, karena kalau bukan mulai dari kita, dari siapa lagi?"

VIDEO PILIHAN