Mohon tunggu...
Muhammad Andi Firmansyah
Muhammad Andi Firmansyah Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Politik

Fate seemed to be toying us with jokes that were really not funny.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

7 Hal Penting yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah

21 April 2021   10:54 Diperbarui: 21 April 2021   18:16 3292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Banyak hal penting tentang kehidupan yang tidak saya dapatkan dari sekolah | Ilustrasi oleh Sasin Tipchai via Pixabay

Jujur saja, sistem pendidikan kita sedang tidak baik. Entah kurikulumnya, atau pengajarnya, atau pelajarnya; kita melihat kekacauan masih bersemayam. Dan kita bisa membicarakan ini selama beberapa bulan.

Tapi, fokus saya di sini adalah tentang pelajaran yang disampaikan kepada pelajar. Maksud saya, hampir semua sejarah besar yang saya pelajari dari SMP sampai SMA dapat saya temukan di Wikipedia dan baru saya pahami dalam minggu-minggu belakangan ini.

Dan hampir semua penjelasan pengajar (yang saya rasakan) hanya sebatas membacakan ulang dari apa yang tertulis di buku rujukan. Karenanya saya lebih senang mencatat apa-apa yang murni dari pengajar itu sendiri dan tidak ada di dalam buku rujukan.

Saya adalah seorang pelajar SMA tingkat akhir. Apa yang saya rasakan selama 12 tahun bersekolah tidak ada bedanya seperti yang dirasakan orang tua saya dulu ketika bersekolah. (Meskipun mereka tidak sampai tamat SMP).

Kita masih mendorong pelajar melalui kurikulum yang sama dengan yang dilakukan kakek-nenek kita. Namanya memang berubah, isinya juga berubah. Tapi pada praktiknya, hampir tidak ada perbedaan.

Pada titik ini, memang cukup tabu untuk mengatakan bahwa hal terpenting dalam kehidupan tidak kita pelajari di sekolah. Bahkan saya sadar bahwa hal terpenting yang saya pelajari harus saya pahami sendiri sebagai orang dewasa.

Saya tidak mengatakan bahwa hal-hal yang saya sebutkan nanti harus menjadi mata pelajaran khusus.

Kita bisa mempelajarinya dalam perbincangan bersama teman, atau sebagai rehat dari mata pelajaran formal, atau bahan perbincangan serius dalam seminar internal, atau bahkan diselipkan dalam mata pelajaran terkait.

Ketika saya sadar bahwa hal-hal yang dimaksud tidak saya dapatkan di sekolah, terkadang saya merasa kesal karena menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang tidak bisa saya pahami. Tapi serius, di mana kelas-kelas ini?

Karena saya sendiri masih seorang pelajar, panggil saya "brengsek" karena tulisan ini lebih merupakan bentuk curahan hati terkait pengalaman kehidupan sekolah saya sendiri.

Pelajaran apa yang seharusnya kita dapatkan di sekolah menengah, tetapi tidak? Tanpa maksud untuk menghakimi, inilah 7 hal penting yang seharusnya diajarkan di sekolah (versi saya).

1. Manajemen keuangan pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun