Mohon tunggu...
Muhammad Nandar Setiawan
Muhammad Nandar Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UHO

Hai salam kenal, saya sangat suka wirausaha aneka jajanan kuliner dan bermain game buat waktu luang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perbandingan Antara Jaringan 3G dan 4G

23 September 2022   08:55 Diperbarui: 23 September 2022   09:14 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1.1 jaringan yang di handphone, dok. pribadi

   

Saat ini teknologi berkembang dengan pesat berbagai macam produk-produk baru bermunculan yang semakin canggih dan sangat berguna bagi manusia. Kebutuhan manusia semakin meningkat khususnya pada komunikasi digunakan yang berbasis internet menimbulkan perkembangan teknologi.

Di zaman sekarang orang-orang berlomba untuk menciptakan layanan yang terbaik salah satunya banyak provider berlomba mempersiapkan jaringan 4G dan 3 G

Tahukah teman-teman apa yang di maksud dengan 3G atau 4G ? Dan apa saja perbedaan kedua jaringan tersebut ?

Pasti teman- teman bertanya apa sih huruf G yang ada di belakang angka 3 dan 4 jadi  G itu singkat dari generasi yang berkaitan dengan dengan kecepatan transmisi data. Jadi dari 3G  adalah generasi ketiga dan dan 4G  adalah generasi ke empat.

Jadi 3G berasal dari Inggris third generation  technology ialah sebuah standar yang telah di tetapkan oleh international telecommunication union yang di adopsi  dari IMT-200 untuk di gunakan untuk jaringan telepon seluler sedangkan 4G singkatan dari bahasa Inggris fourth-generation technology adalah generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya ponsel cerdas dan laptop menggunakan modem USB.

Perbedaan yang paling mencolok di antara ke 2  jaringan di lihat dari kecepatan 3G dan 4G. 3G  hanya mengirimkan data  hingga kecepatan 3,1 Mbps dengan rata-rata berada rentang 0,5 sampai 1,5 Mbps beda hal dengan 4G  mampu mengirimkan data pada rentang 2 sampai 12 Mbps secara umumnya pada kecepatan  100 sampai 300 Mbps.

Teknologi semakin  berkembang serta akan bermunculan produk-produk inovatif yang bisa di manfaatkan oleh manusia jadi Teman-teman teruslah belajar dah selalu semangat Kita tidak boleh di kalahkan teknologi tetapi kita harus menguasai dan memanfaatkan untuk membantu sesama dah hal-hal positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan