Mohon tunggu...
Muh. Jamil
Muh. Jamil Mohon Tunggu... Wiraswasta - Ketua Pengurus BMT Insan Mandiri

Aku Belajar Maka Aku ada

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Prodi Bisnis Digital UNM Laksanakan Pengabdian Masyarakat Literasi Digital: Edukasi Saham untuk Generasi Muda

2 Desember 2021   05:26 Diperbarui: 2 Desember 2021   05:29 83 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Program Studi Bisnis Digital Laksanakan Pengabdian Masyarakat; Literasi Digital Edukasi saham untuk Generasi Muda

Perkembangan investasi atau trading saham di pasar modal samakin pesat. Saham menjadi salah satu pendapatan generasi milenial ataupun generasi zoomer. 

Hal itu dilihat pada tahun 2017 kontribusi Generasi milenial dan generasi zoomer sebanyak 30,06 persen sebagai investor saham dari 100 persen. Dari 30.06 persen 3,82 persen generasi remaja dan 26,18 persen pemuda usia 21-30 tahun. ini disampaikan oleh PT. Kustodium Sentral Efek Indonesia.   

Dalam website duwitmu.com 5 perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yaitu  Mandiri Securitas, Most sekuritas,  Stockbit Sinarmas, BNI sekuritas dan CIMB sekuritas. Kegiatan usaha dari para perusahaan saham sekuritas yang diperdagangkan adalah seperti MOST misalnya saham, Reksadana, dan Obligasi.

laporan Bank Indonesia dan OJK,  Indonesia menjadi top Global IPO rangking tujuh tahun 2019 dan menjadi ranking 6 pada tahun 2020. Hal ini Tentunya menjadi tanda bahwa pemain saham di Indonesia semakin baik sehingga peringkatnya meningkat dari pringkat tujuh menjadi peringkat 6. 

Selain itu  investor juga  bertambah tahun 2020 sebesar 3.871.000  orang yang terdiri dari saham, reksa dana dan obligasi. Adapun investor saham sebesar 2.182.000. Meningkat 56% dari sebelumnya.  Transaksi investor 2020 sekitar 94.000 orang perhari meningkat 73% dari sebelumnya.

Mengapa investasi saham semakin populer? Ada beberapa alasan yang menjadi keunggulan saham. 

Pertama, Return (imbal baliknya) besar sekaligus dengan resikonya besar pula. Untuk mengatasi resiko yang besar maka dalam mengambil keputusan harus memilih saham atau perusahaan yang berkinerja baik, diantaranya rutin memberikan deviden kepada para pemegang saham. 

Kedua harga saham sangat murah dan transaksinya sangat mudah. 

Ketiga, saat investor membeli saham perusahaan, maka otomatis menjadi pemilik perusahaan,  

Keempat keuntungan ganda yaitu sebagai pemilik modal dalam hal ini akan mendapatkan dividen sebagai pemilik saham dan juga mendapatkan ke capital gain atau pendapatan dari modal yang di setorkan atau dalam hal ini saham yang dimiliki misalnya terjadi kenaikan saham dari Rp5.000 menjadi Rp7.000 maka perubahan itu akan menghasilkan keuntungan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan