Mohon tunggu...
Muhamad Riyan
Muhamad Riyan Mohon Tunggu... -

Hi, Welcome to my world :)

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Istilah "Gendong" dalam Permainan Mobile Legends Bang Bang (Kajian Semantik)

30 November 2020   22:45 Diperbarui: 30 November 2020   23:28 945 1 0 Mohon Tunggu...

Game online atau permainan daring merupakan sebuah permainan yang menggunakan jaringan internet untuk sebuah permainannya. Permainan daring tersendiri banyak dimainkan oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekali pun. Permainan daring yang paling popular dan memiliki peningkatan yang signifikan adalah game dengan kategori Moba atau pun penembak.

Permainan Mobile Legends Bang Bang atau yang lebih dikenal dengan sebutan ML (Mobile Legends) merupakan game laga dengan kategori Moba 5vs 5 yang sampai saat ini merupakan permainan daring gratis populer dengan pengunduh aplikasi sebanyak 100 juta lebih. Berdasarkan informasi Play Store, game 5 vs 5 ini rilis pada tanggal 24 September 2016 yang ditawarkan oleh Montoon sebagai penerbit sekaligus pengembangnya. Permainan ini memiliki 7 tingkatan divisi, mulai dari Waririor, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, dan Mythic.

Dalam permainan tersebut terdapat banyak istilah-istilah yang muncul dan bahkan berbeda dengan makna yang sebenarnya. Bagi para pengguna baru, istilah tersebut dapat membuat bingung dan bahkan bertanya-tanya. Maka dari itu dibutuhkannya kajian semantik untuk mengetahui makna yang dimaksud dalam kata 'gendong' tersebut. Karena, terkadang terdapat beberapa kata yang tidak seduai dengan makna aslinya (ditafsirkan berbeda dari makna aslinya).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi  V daring, Bahasa adalah system lambing bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi,dan mengidentifikasi. Secara sederhana fungsi Bahasa adalah sebagai alat komunikasi, maka dari itu bahasa memerlukan sebuah pemahaman yang sama diantara penuturnya agar tercapainya fungsi bahasa.

Untuk tercapainya sebuah komunikasi, sebuah Bahasa perlu pemaknaan yang sama dalam setiap anggota penutur. Secara terminologis, semantik dapat didefinisikan sebagai bidang linguistic yang mengkaji arti bahasa. Crystal (2008: 428) dalam Dictionary of Linguistics, yaitu bahwa semantik adalah “a major branch of linguistics devoted to the study of meaning in language” (Makyun, 2011:4). Teori lain mengenai semantik dikemukakan juga oleh Griffiths (2006: 1) yaitu “…..study of the “toolkit” for meaning knowledge encoded in the vocabulary of the language and in its patterns for building more elaborate meanings, up to the level of sentence meanings” (Makyun, 2011:4). Dari pendapat di atas ini, dapat kita pahami bahwa semantik merupakan kajian linguistik yang mengkaji arti bahasa. 

Istilah “Gendong” pada permainan daring Mobile Legends memiliki makna lain dan berbeda dengan makna yang sebenarnya. Task (1999: 51) mendefinisikan konotasi sebagai “the meaning of a word that is broader than central and primary sense, often acquired through frequent associations” atau arti kata yang lebih luas dari makna sentra dan makna utamanya yang biasanya diperoleh melalui asosiasi yang berulang (Makyun, 2011: 49). Berdasarkan teori tersebut, kontatif secara sederhana adalah kajian semantik yang membahas makna kata yang tidak sebenarnya.

Menurut KBBI V daring, Gendong adalah bawa sesuatu dengan melekatkan pada tubuh, dapat menggunakan kain atau hanya dengan tangan (biasanya pada dada, pinggang, atau punggung). Istilah tersebut sangat berbeda dengan pemaknaan yang dimaknai oleh pemain-pemain yang memainkan permainan daring, khususnya permainan dengan genre kompetitif.

Sedangkan dalam permainan Mobile Legends Bang Bang, istilah "Gendong" merupakan seseorang pemian yang memiliki kemampuan atau skill permainan yang tidak mempuni dan selalu menjadi beban bagi pemain yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.  Selain itu, istilah "Gendong" dimaknai dengan membantu pemain yang kesulitan dalam sebuah permainan. Pemain yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata yang tidak sesuai dengan divisnya, terkadang membuat emosi para pemain muncul. Selain membuat emosi, pemain yang memiliki kemampuan atau skill di atas rata-rata tingkat  divisnya atau sudah mahir dalam bermain bisa menjadi suatu kebanggaan, jika bisa menggendong pemain-pemain lain. Maka dari itu istilah tersebut sering dituliskan di kolom chat pada permainan ML atau bahkan diucapkan langsung oleh sang pemain. Misalnya pada contoh berikut:

  • “Mythic gendongan jangan sok keras!”
  • “Biasa digendong, mangkanya aneh begitu maennya”
  • “Gua gendong gausah bacot!”
  • “Iyala gua jago, buktinya bisa ngegendongkan?”
  • “capek banget ngegendong orang macem lu!”

VIDEO PILIHAN