Mohon tunggu...
Muhamad Iqbal Al Hilal
Muhamad Iqbal Al Hilal Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa di salah satu kampus di kota Kembang

menulis adalah hobi si penulis ini dari mulai politik, sastra dan sejarah adalah hobinya yang ia tuangkan dalam tulisan- tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Musik

Idol Kpop Generasi 1 Pelopor Idol Grup Industri Kpop Masa Kini

18 Juni 2021   07:08 Diperbarui: 18 Juni 2021   07:51 137 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Idol Kpop Generasi 1 Pelopor Idol Grup Industri Kpop Masa Kini
S.E.S Girlgrup pertama SM. Entertainment / Via Omah Kpop

Demam musik Kpop hingga sekarang masih terasa gaungnya bukan hanya dirasakan oleh kawula muda di luar negeri semata namun, musik yang berasal dari negeri ginseng ini juga digandrungi oleh para kaula muda di tanah air. Anda yang sudah mulai memasuki usia remaja di tahun 2010 hingga 2015 pasti tidak asing dengan para idol grup seperti Super Junior, SNSD, Bigbang, Wondergirls hingga yang sedang tenar saat ini misalnya BTS tentu dalam perjalanannya industri ini tidak bisa secara serta merta berkembang dalam waktu sekejap saja namun memerlukan waktu yang panjang untuk bisa seperti yang kita lihat sekarang ini. Mungkin para generasi yang lahir 2010-an lebih mengenal yang namanya BTS, BLackpink, Starykids, Twice dan Red Velvet namun sejatinya pembentukan idol grup melalui pelatihan sudah dimulai tahun 90-an bahkan jauh sebelum pembentuakn idol grup mellaui proses trainee idol grup seperti Seo Taiji and The Boys sudah hadir sejak tahun 1980-an. 

lahirnya idol grup kpop sekarang sudah dimulai sejak dekade 90-an dimulai dengan H.O.T ditahun 1996 disusul S.E.S dan Sechskies satu tahun setelahnya dan Finkl di tahun 1998 persaingan ketat dari idol besutan S.M Entertainment dan DSP Media ini tidak terbatantahkan seperti digambarkan dalam serial drama korea Reply 1994 saling sikut diantara para penggemar H.O.T dan Sechskies sering terjadi walaupun demikian kedua anggota boygrup tetap berteman baik hingga kini.

Sechskies yang kini berada di bawah naungan YG Entertainment / Idn Times
Sechskies yang kini berada di bawah naungan YG Entertainment / Idn Times
reuni para idol grup generasi pertama diawali oleh S.E.S di tahun 2016 dengan tajuk Remember untuk merayakan 20 tahun debut mereka di industri kpop hal ini merupakan hasil inisiatif antara S.M Entertainment dan para member, masih ditahun 2016 Sechskies juga melakukan aksi serupa dengan comeback di program music MBC Infinity Challenge karena antusiasme yang tinggi setelah program tersebut kembali merilis album dan lagu baru dibawah label baru mereka YG Entertainment selepas bergabung di agensi barunya Sechskies harus kehilangan salah satu membernya yakni Kang Sung Hoon akibat skandal.

rupanya hal serupa dilakukan juga oleh High Five Of Teenager yang hadir dalam infinite challenge akibat banyaknya permintaan untuk tampiil kembali ke panggung H.O.T pun mengadakan sebuah konser di tahun 2018 hingga 2019 walaupun salah satu membernya yaitu Kangta terlibat skandal namun antusiasme para penggemar masih tinggi. Finkl juga melakukan reuni di salh satu program JTBC di tahun 2019 dengan formasi lengkap dan aransement dari lagu - lagu mereka Girlgrup besutan DSP Media ini kembali setelah 14 tahun lamanya . Tentu jika tanpa adanya debut keempat idol grup tadi kpop mungkin tidak akan bisa sepopuler saat ini, meski demikian masih ada satu boygrup generasi pertama yang tetap bertahan hingga sekarang yakni Shinhwa

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x