Mohon tunggu...
Muhamad Alwi Syahrial
Muhamad Alwi Syahrial Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

masih berada di sekeliling oksigen, yang aku curi untuk bisa bertahan hidup.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Artikel Utama

Alam dan Kelestarian, Kampung Senyum sebagai Media Hiatus Kehidupan

14 April 2024   22:05 Diperbarui: 17 April 2024   17:06 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Desa, perkampungan. (Sumber: KOMPAS/CHY)

Sejarah singkat Kampung Senyum

Kampung senyum ini terletak di daerah perbatasan kabupaten subang dan kabupaten Bandung Barat, lebih tepatnya lagi keberadaan Kampung Senyum ini di tengah-tengah pegunungan. 

Selain di ampit dua daerah kabupaten subang dan kabupaten Bandung Barat Kampung Senyum ini juga di ampit oleh beberapa pegunugan di sekitarnya, hal itu yang membuat kenunikan yang di miliki oleh Kampung Senyum. 

Adapun latar belakang dari keberadaan Kampung Senyum ini berawal dari cita-cita dan harapan dari seorang pegiat alam yang Bernama bapak Rosyid atau di kenal dengan Bah Ocid. 

Beliau sejak dahulu selalu berkeinginan untuk membuat sebuah wisata alam yang berada di Tengah-tengah hutan. 

Singkatnya, cita-cita tersebut dari tahun ke tahun hasil dari proses yang selama ini beliau ingingkan akhirnya terciptalah wisata alam Kampung Senyum yang sampai saat ini masih terkenal dan ramai pengunjung. 

Menurut Abah Ocid Kampung Senyum ini akan memperlihatkan keindahannya bagi siapapun yang datang, mulai dari suasana, aliran air, hembusan angin dan lain-lain, semua itu akan bisa di dapatkan di kampung senyum. 

Sesuai dengan namanya, Kampung Senyum, yang akan selalu membuat pengunjung tersenyum dengan keindahan yang berada di sekitar lingkungannya. 

Ada keunikan tersendiri yang dimiliki Kampung Senyum ini, ketika berada di pintu masuk akan di sediakan dengan kentungan yang harus pengunjung ketuk sebanyak 5 kali. 

Hal tersebut sebagai penanda bahwa pengunjung sudah tiba di area Kampung Senyum. Dan sejak dari pintu gerbang pengunjung sudah dibuat senyum ketika memukul kentungan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun