Mohon tunggu...
Muhamad Alfin Firdiansyah
Muhamad Alfin Firdiansyah Mohon Tunggu... Administrasi - Sport Enthusiast

Menulis supaya tetap waras.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

FIFA Si Paling 'Cuan'

23 November 2022   10:01 Diperbarui: 23 November 2022   10:06 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden FIFA Gianni Infantino | Photo by Apnews.com 

Gegap gempita serta hingar bingar gelaran Piala Dunia 2022 saat ini sudah menjalar ke seluruh pelosok dunia. Bahkan sinetron "Cinta Setelah Cinta" andalannya SCTV harus rela hiatus sementara karena jam tayangnya bentrok dengan match Piala Dunia yang dilangsungkan di Qatar saat ini. Segitu dahsyatnya memang event 4 tahunan ini.

Tapi kita kesampingkan sebentar soal itu. Ada hal yang cukup menarik perhatian dari kompetisi sepakbola terbesar di bumi tersebut, ya apalagi kalau bukan urusan pundi-pundi Dollar yang mengalir deras ke tubuh induk federasi sepakbola FIFA.

Menurut laporan Bloomberg.com (20/11/2022), FIFA mencatatkan pendapatan sebesar USD 7,5 Milyar yang kalau dirupiahkan saya saja susah mengejanya. Silakan hitung sendiri. Jadi tolong tahan sebentar angan-angan kalian yang mulai kemana-mana!

Angka tersebut dipublikasikan oleh FIFA ke 200 negara anggotanya di hari Minggu (20/11/2022) lalu. Sebuah nominal yang sungguh luar biasa masif bagi sebuah event olahraga di planet berpopulasi 8 Milyar ini.

Pasti kalian bertanyea-tanyea darimana FIFA bisa mendapat guyuran finansial tumpeh-tumpeh tersebut. Tidak lain tidak bukan karena berbondong-bondongnya sponsor yang berpartisipasi menyelipkan namanya di sepanjang kompetisi tersebut dimainkan, bahkan sebelum dimulai sekalipun.

Pendapatan tersebut adalah akumulasi yang diraih FIFA dalam kurun waktu 4 tahun berjalan. Nilai ini mengalami kenaikan sebesar USD 1 Milyar dibanding periode 2015-2018 ketika Piala Dunia 2018 Rusia. Dimana saat itu mencatatkan pendapatan sebesar USD 6,4 Milyar atau setara dengan Rp.100.544.000.000.000 (Nah coba eja sendiri rupiahnya).

Tapi angka pendapatan ini akan terlihat sangat kecil jika dibandingkan dengan guyuran uang yang dikeluarkan oleh Qatar untuk menggelar event akbar ini dimana menyentuh kurang lebih sebesar USD 229 Milyar. 

Para Penyokong Dana

Lalu siapa saja penyokong dana dibalik perhelatan sepakbola akbar tersebut? FIFA Sendiri sebenarnya membagi tiga kelompok untuk para sponsor-sponsornya seperti yang diinformasikan di laman resmi FIFA. 

Fifaworldcupnews.com
Fifaworldcupnews.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun