Mohon tunggu...
Mugiyem
Mugiyem Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Saya adalah seorang pengajar di salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode Star Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

2 Oktober 2022   14:12 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:25 950
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengeksplor kemampuan siswa/Dok pribadi

Bagaimana Situasi yang ada?

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

      Dalam proses belajar mengajar di sekolah merupakan interaksi timbal balik antara guru dan siswa  dalam rangka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah di terapkan. Guru SD Negeri Kedungwaduk 4 dalam proses pembelajaran Tematik biasanya belum menggunakan model dan  media pembelajaran yang tepat dan menarik, kondisi ini terlihat seperti :

  • Siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan sering ngobrol bersama temannya pada saat pembelajaran
  • Kurang semangat mengikuti pembelajaran dari guru
  • Malu dalam mengungkapkan pendapatnya
  • Malas dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
  • Acuh tak acuh dan ingin cepat istirahat atau ingin cepat pulang

      Berdasarkan kondisi tersebut, guru timbul kinerja untuk mengadakan perbaikan pembelajaran yaitu dengan menggunakan"Model Problem Based Learning berbantuan PPT Interaktif  pada pelajaran Tematik, Tema 1, Subtema 2, Pembelajaran 1 Mupel Bahasa Indonesia(Ide Pokok pada Teks Bacaan), IPA (Perkembangbiakan Generatif pada Hewan) untuk kelas VI SD Negeri Kedungwaduk 4 tahun pelajaran 2022/2023"

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan

Alasanya :

     Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dengan berbasis TPACK, dalam implementasi Kurikulum 2013, model pembelajaran yang di sarankan  adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL. PBL merupakan model pembelajaran yang mengedepankan strategi pembelajaran dengan menggunakan masalah dari dunia nyata sebagai konteks siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep esensial dari materi yang dipelajarinya. Dalam PBL peserta didik dituntut untuk mampu memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual).

Peran dan tanggungjawab  

Peran dan tanggungjawab saya sebagai seorang guru adalah :

saya harus bisa menjadi guru yang mempesona bagi siswa. Ketika menemukan masalah dalam pembelajaran, maka saya harus berupaya untuk menyelesaikannya masalah tersebut dengan mencari solusi alternatif terhadap permasalahan yang dihadapi. Saya juga harus dapat merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. 

Apa saja tantangan yang ada?

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantangannya adalah :

Ketika guru mencari literatur yang sesuai dengan penyebab masalah yang teridentifikasi dan literatur penentu solusi dari masalah yang teridentifikasi,di situ guru betul-betul kerja ekstra, menguras tenaga dan pikiran,karena harus mencari beberapa referensi supaya mendapatkan hasil yang tepat,dan akhirnya  mendapatkan penentu solusi yaitu dengan menggunakan model PBL dengan berbantuan PPT Interaktif,dimana dalam pelaksanaan PBL,

  • Siswa belum terbiasa,sehingga pembelajaran masih terasa kaku
  • Siswa  masih terlihat malu dan takut dalam menyampaikan gagasan, menanggapi dan bertanya kepada teman maupun guru sehingga terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran.

Selain itu, guru dalam membuat perangkat pembelajaran serta desain pembelajaran juga cukup menguras waktu dan tenaga,karena kurang paham dengan sintak PBL, yang selama ini belum terbiasa di laksanakan. Guru juga belum mempunyai kompetensi yang memadai untuk membuat video pembelajaran, sebagai pendukung pelaksanaan aksi.

Langkah-langkah apa saja yang dilakukan?

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun