Mohon tunggu...
Mugiarni Arni
Mugiarni Arni Mohon Tunggu... Guru - guru kelas

menulis cerita

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Mengajar Materi Pengukuran di Kelas 5

20 Januari 2024   11:14 Diperbarui: 20 Januari 2024   11:20 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar pixabay.com gratis 

Cerpen: Mengajar Materi Pengukuran di Kelas 5

Pagi itu, Bu Guru Arni memasuki kelas 5 dengan semangat. Hari ini, ia akan mengajar materi pengukuran. Bu Guru Arni tahu bahwa materi ini cukup sulit untuk dipahami oleh siswa kelas 5, sehingga ia harus menyiapkan metode pembelajaran yang tepat.

Bu Guru Arni mulai dengan memperkenalkan materi pengukuran. Ia menjelaskan bahwa pengukuran adalah kegiatan membandingkan suatu benda dengan benda lain yang telah diketahui ukurannya. Ia juga menjelaskan bahwa ada berbagai macam jenis pengukuran, yaitu pengukuran panjang, berat, volume, dan waktu.

Setelah menjelaskan materi secara umum, Bu Guru Arni mengajak siswa untuk melakukan praktik pengukuran. Ia membagikan penggaris kepada siswa dan meminta mereka untuk mengukur panjang meja di kelas. Bu Guru Arni juga membagikan timbangan dan meminta siswa untuk mengukur berat buku pelajaran mereka.

Setelah praktik, Bu Guru Arni mengulas kembali materi yang telah dipelajari. Ia memberikan beberapa contoh soal pengukuran dan meminta siswa untuk mengerjakannya. Bu Guru Arni juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada hal yang belum mereka pahami.

Di akhir pelajaran, Bu Guru Arni memberikan kesimpulan. Ia menekankan bahwa pengukuran adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sering kali melakukan pengukuran, misalnya ketika kita membeli barang di toko, memasak, atau membangun rumah.

Bu Guru Arni merasa senang karena siswa terlihat tertarik dengan materi pengukuran. Ia yakin bahwa siswa akan dapat memahami materi ini dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengajar materi pengukuran di kelas 5

 Mulailah dengan memperkenalkan materi secara umum.

Gunakan metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, misalnya praktik pengukuran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun