Mohon tunggu...
H. Muchtar Bahar
H. Muchtar Bahar Mohon Tunggu... Penulis - Ingin hidup lebih lama untuk berbagi

Alumni IAIN Imam Bonjol Padang. Sebelum merantau ke Jakarta tahun 1974, merasakan menjadi anak jalanan, di Pasar Jawa Padang. Berkesempatan mengikuti studi non degrre di International Institute Rural reconstruction (IIRR) Silang, Cavite, Philippines dan post graduate special program tentang ”NGO and Urban Development” di Institute of Housing Studies (IHS), Rotterdam. Mengikuti pelatihan dan seminar di Paris, Bangkok, Singapura, Kuala Lumpur, Manila, Penang, Nepal dan dalam negeri. Dipanggil ”babe” oleh sejawatnya di LSM. Mengikuti Pelatihan Peneliti Muda di LP3ES dan Tim Program LP3ES hingga tahun 1988. Tahun 1989 merintis Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Sosial Ekonomi (LPPSE), menjabat sebagai Ketua, hingga tahun 1995 dan pada tahun itu merintis Yayasan Bina Masyarakat Sejahtera (BMS). Dipercaya sebagai Ketua Forum Pengembangan Koperasi (Formasi), Asosialsi Konsultan Pembangunan Perumahan dan Permukiman (AKPPI) wilayah Jabodetabek, Asosiasi Keuangan Mikro (AKM), dan Jaringan LSM Bidang Perkotaan. Menjadi konsultan UNDP untuk, Program P4K Departemen Pertanian-IFAD, Roma (2003-2004), P2KP, Penanggulangan bencana di Aceh (NAD) dan Nias, (ADB-Bina Swadaya, 2005-2006. Pendiri dan Pengurus IKBAL AMM Sumbar Jaya, Anggota Badan Pembina YPMUI. Penulis ”Direktori LSM dan Mitra 2000”, bersama Siswanto Imam Prabowo.SE, (LPPSE, 2001), Anggota tim Editor ”Direktori Orsos, Departemen Sosial”, yang diterbitkan Kementrian Sosial. Penulis dan Editor buku The Desire of Change Pemberdayaan”, dengan Siswanto Imam Prabowo.SE (LPPSE, 2013), Ketua Editor ”Mambangkik Batang Tarandam: Minangkabau di Tapi Jurang” dengan H. Albazar Arif, H.Taufik Bey, H.Farhan Muin (YPMUI, 2013). Menerbitkan kumpulan tulisan dengan judul; “Bersama Masyarakat, Menata Kota”, BMS, 2014. Sedang mempersiapkan buku humor; ”Ngakak Politikus dan Koruptor”, bersama Siswanto Imam Prabowo dengan ilustrator Dicksy Iskanda, Bersama dengan. H. Albazar Arif. Telah menerbitkan buku, ”Kucindan jo Kurenah Urang Awak”, bersama dengan H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar, 2015. Telah menyelesaikan buku, ”Hamba-Hamba Pilihan”, bersama dengan H. Albazar M Arif Sedang mempersiapkan buku “Humor Religius”, bersama H.Endang Basri Ananda, H. Albazar M Arif dan Ilustrator Dicksy Iskandar. Menulis berbagai tulisan dan makalah serta modul pelatihan untuk usaha kecil, koperasi, ekonomi keluarga, fasilitator lembaga keuangan masyarakat dan penguatan masyarakat sipil. Tinggal di Jakarta dan diberikan amanah 4 orang anak dengan 10 orang cucu.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dua Dasawarsa IKBAL dan YPMUI

25 Mei 2022   13:03 Diperbarui: 25 Mei 2022   13:10 31 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi pribadi dan SMP IT Al Muttaqiin, Bogor

Yayasan Pembangunan Masyarakat Utama Indonesia (YPMUI) tahun ini memasuki dua dasa warsa, hadir, untuk mengabdi pada masyarakat sekitar di Perantauan dan Ranah Minang. Inisiatif berdirinya YPMUI adalah Karena organisasi payungnya Ikatan Alumni Keluarga Besar  Angkatan Muda Muhammadiyah Sumatera Barat (UKBAL AMM Sumbar Jaya)  yang bermukim di Jabodetabek, memerlukan institusi pelaksana kegiatan.

Pada tanggal 26 September 2001, 8 Rajab, 1422 H, didirikan lah IKBAL AMM Sumbar Jaya yang kemudian di deklarasikan dengan  sebutan  "Deklarasi Lido", 11 Januari, 2002.  Lido berada di Perumahan Lido Permai, Desa Ciburuy, Kabupaten Bogor, tempat berlangsung nya serangkaian pertemuan alumni Angkatan muda Muhammadiyah yang Berada di Jakarta. 

Tempat deklarasi ini adalah pondokan keluarga, yang lebih banyak dimanfaat kan oleh sahabat LSM dan organisasi nir laba, seperti IKBAL AMM Sumbar Jaya dan jaringan advokasi dan pemberdayaan masyarakat.

Pencetus dan deklarator sudah banyak yang dipanggil Illahi Rabby, diantara nya alm H.Syahruji Tanjung (Anggota DPR RI), alm. Ir.H Yanuar Muin (Mantan anggota DPR RI) dan alm. Hasnim Fadhly Hasan (Dosen UIN Jakarta), Almh. Hj. Suharti Muchtar, MM (Pendidik), Alm H Rusman Amra (jurnalis), alm H Suhairy Ilyas (Dai dan Majlis Tarjih  PP Muhammdiyah), alm H Syahminan Lubis (Pendidik), almh Hj. Salmiyati Muchtar (Dai), Alm Suhelmi Nawawi (Da'i) dan banyak lagi yang lain.

Diantara pendiri IKBAL AMM Sumbar Jaya dan YPMUI yang masih diberikan karunia umur panjang adalah Hj. Yulna MM, H. Yulianto SH, MH, Drs. Farhan Mu'in Dt. Bagindo, H Albazar M Arif, Prof. Zuriati, Dr. Hj.Isnawati Rais, MA, Prof, Dirwan, Prof. Masri Mansyur, H Agusri Said, S.Sos, H Lahmudin Noor,  Hj. Emniyati Muchtar MM, Dra. Hj. Yunetty, Hj.Wesnima. ST, H.M Yusuf Sisus, M.Si, Ir.H Taufik Bey, Hj. Dra. Ermawati, Dra.Hj. Sri Aswati, MM, serta puluhan alumni Angkatan Muda Muhammadiyah yang aktif di organisasi Muhammadiyah di Sumatera Barat, sebelum merantau ke Jakarta.

Dalam ppertemuan Badan Pekerja IKBAL AMM Sumbar Jaya, 10 dan 11 Januari 20902 di Lido itu, dirumuskann Azas, Tujuan, Visi, Misi dan lingkup kegiatan nya. 

Adapun visi nya organisasi yang bersifat Keislaman, bercirikan "Adat bersendi Syarak, Syarak bersendi Kitabullah (ABS-SBK) bersifat terbuka, independen dan kekeluargaan.  Tujuan berdirinya berdirinya adalah  "Meningkatkan kualita alumni  Keluarga Besar Alumni Angkatan Muda Muhamadiyah di Jakarta dan sekitarnya dan berperan serta dalam Pembangunan Masyarakat di Sumatera Barat.

Kerangka acuan  itulah yang menjadi pijakan YPMUI sebagai pelaksana dengan landasan  visi "Terwujudnya persaudaraan dan persatuan serantau yang kuat yang professional dengan upaya membangun kebersamaan dan kesejahteraan bersama dalam rangka tercapai nya tujuan Muhammadiyah dan Pembangunan Nasiobal, baik di Ranah Sumatera Barat  maupun di rantau".

Seminar, diskusi, penerbitan, da'wah dan pendidikan adalah serangkaian kegiatan YPMUI sebagai pelaksana IKBAL AMM SUMBAR JAYA dengan visi demikian.  

Bidang pendidikan Sejak hampir dua puluh tahun yang lalu, dirintis Sekolah Menengah Dhu'afa yakni SMP IT Al Muttaqin yang berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Awal berdirinya sekolah aini adalah dengan adanya wakaf dari Keluarga Pak Yanto (Tinggal di Kel. Pisangan, Ciputat), lahan dengan luas hampir 5.000.m2 dan sebuah masjid diatas nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan