Mohon tunggu...
Muchammad Nasrul Hamzah
Muchammad Nasrul Hamzah Mohon Tunggu... Penulis - Asli

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kasus Gisella Anastasia dan Sosok Istri dalam Film India

1 Januari 2021   18:32 Diperbarui: 1 Januari 2021   18:35 171 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kasus Gisella Anastasia dan Sosok Istri dalam Film India
Cuplikan Film Chalte - Chalte (Foto: Istimewa) 

Kalimat dari aktor kawakan Roy Marten mendadak viral di media sosial. Kalimat itu disisipkan dalam pose foto Roy memeluk putra-nya Gading Marten secara erat. Kalimat itu berbunyi "Menikahlah dengan Perempuan yang ketika ia ada masalah lari ke Tuhan bukan laki-laki lain,".

Foto dan kalimat yang banyak diunggah ulang di beberapa akun media sosial ini sontak ramai diperbincangkan lantaran berbarengan dengan kasus yang melanda mantan istri Gading Martin yakni Gisella Anastasia.

Penulis tidak ingin mengomentari lebih jauh atas kasus video yang menimpa Gisella Anastasia. Namun, ada berita yang cukup menarik untuk disimak, yakni pengakuan Gisella yang mengatakan jika video itu dibuat pada saat ia masih berstatus sebagai istri Gading Martin.

Sebenarnya, kasus serupa beberapa tahun lalu juga sempat menimpa salah seorang vokalis band dan juga presenter televisi yang diketahui sudah bersuami.

Kasus tersebut sebenarnya mengingatkan penulis akan beberapa film India yang bercerita tentang kesetiaan istri kepada suaminya. Bahkan, meskipun tidak spesifik mengangkat kisah keluarga, namun pesan beberapa film India yang mengharuskan istri untuk menjaga kehormatan suami banyak terselip di dalamnya.

Beberapa judul film seperti Padmavaat, Chalte-Chalte, Ek Rishtaa dan Baabul secara garis besar menceritakan bagaimana seorang istri yang menjaga marwah keluarganya dengan menghormati suaminya.

Film Chalte-Chalte yang diperankan Shah Rukh Khan dan Rani Mukherjee misalnya adalah salah satu gambaran tentang rumah tangga yang tidak harmonis. Wajar, jika dalam sebuah rumah tangga terdapat masalah antara suami dan istri. Masalah bisa saja datang karena faktor ekonomi, ketidakcocokkan beberapa karakter yang perlu penyesuaian hingga masalah adanya orang ketiga.

Chalte Chalte mencoba menggambarkan masalah tersebut secara utuh, namun tetap dalam satu premis bahwa segala macam masalah dalam rumah tangga bisa diselesaikan secara baik-baik dan wanita selaku istri tetap harus menghormati suaminya selama sang kepala rumah tangga masih bertindak dalam batas yang wajar.

Padmavaat yang pernah saya bahas juga berkisah tentang kegigihan seorang istri yang menjaga kehormatan suaminya sampai ia wafat. Film ini cukup menjadi kontroversi di India karena dianggap melencengkan sejarah. Namun, apapun kontroversi yang ada pesan film ini jelas, bahwa meskipun sedang sang ratu sedang dikejar-kejar oleh Raja lain yang sedang dalam masa jaya, ia lebih memilih mati demi menjaga kehormatan suaminya.

Agak sedikit unik adalah film Hum Dil De Chukke Sanam yang diperankan Salman Khan, Aishwaria Rai dan Ajay Devgan. Kisah dasar film ini adalah perjodohan antara dua orang yang tidak saling mencintai. Sang perempuan dalam film itu digambarkan mencintai orang lain bahkan setelah menikah. Akan tetapi, sang suami perempuan malah membantunya mencari kekasih hati istrinya tersebut. Film ini diakhiri dengan cukup baik, dimana sang istri karena sadar akan kesetiaan sang suami maka kekasih hati yang dicintainya tak jadi dipilihnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x