Mohon tunggu...
Muchammad Nasrul Hamzah
Muchammad Nasrul Hamzah Mohon Tunggu... Asli

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Kematian Sushant Singh Rajput: dari Kasus Depresi hingga Nepotisme Industri Bollywood

17 Juni 2020   02:01 Diperbarui: 17 Juni 2020   11:11 1492 15 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kematian Sushant Singh Rajput: dari Kasus Depresi hingga Nepotisme Industri Bollywood
Aktor Sushant Sing Rajput| Foto: Indian Express

Publik India digegerkan dengan kematian tragis aktor pendatang baru bernama Sushant Rajput Singh. Ia ditemukan tewas di rumahnya di kawasan Mumbai, India pada Minggu (14/6). 

Sushant Rajput Singh diduga mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Meski saat ini pihak kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab tewasnya aktor berusia 34 tahun itu.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, lima hari sebelum Sushant mengakhiri hidupnya, sang mantan manajer, Disha Salian juga tewas dengan cara yang sama. Bedanya, jika Sushant Rajput ditemukan tewas menggantung lehernya, Disha memilih terjun dari lantai 13 sebuah gedung.

Berita kematian beruntun ini cukup miris bagi publik India, khususnya para penggemar film. Pasalnya, Sushant Rajput Singh saat ini sedang berada di atas karirnya. Film terbarunya berjudul "Chhichhore" laris manis di pasaran dan banyak mendapat ulasan positif.

Namun kematian Sushant dengan cara bunuh diri terbilang berbanding terbalik dengan kisah film yang ia bintangi. "Chhichhore" secara garis besar berkisah tentang perjuangan seorang ayah paruh baya yang mencoba menggagalkan aksi bunuh diri anaknya, karena tidak diterima di sekolah ternama. 

Kisah macam ini mendapat sambutan antusias sangat luar biasa, karena konon kabarnya di India depresi menjadi pandemi paling mematikan sebelum virus Covid-19 merebak.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) sebagaimana dilansir dari Forbes, angka bunuh diri di India cukup besar pada tahun 2012 dengan korban sebanyak 804 ribu jiwa. Menurut WHO angka ini cukup mengkhawatikan lantaran penyakit mental seperti ini butuh penyelesaian yang cukup solutif.

Bahkan, masih menurut WHO, prosentase perbandingan antara warga depresi dengan psikiater yakni 1 banding 343 ribu orang. Artinya, satu orang psikiater di India menangani 343 ribu orang. Kekurangan psikiater menjadi masalah tersendiri di negara Sungai Gangga itu.

Makanya, film model "Chhichhore" mendapat sambutan positif lantaran dianggap sebagai "tenaga baru" dalam perubahan pola pikir di masyarakat India tentang depresi. Aktris ternama Deepika Padoukone, sempat berbicara kepada publik perihal depresi.

Istri Ranveer Singh itu berkisah, bagaimana berbicara atau melakukan curahan hati terkait depresi yang merupakan penyakit mental masih dianggap tabu di kalangan masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x