Mohon tunggu...
Felix Tani
Felix Tani Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sosiolog dan Storyteller Kaldera Toba

Memahami peristiwa dan fenomena sosial dari sudut pandang Sosiologi. Berkisah tentang ekologi manusia Kaldera Toba.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Mie Gomak Itu Bukan Spageti Batak

8 Mei 2024   08:35 Diperbarui: 9 Mei 2024   16:21 1005
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mie gomak pakai bumbu andaliman khas Batak ala Instagram @my.foodplace. (KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

"Mie gomak adalah mie Batak. Titik!"

Jangan merendahkan jenama unik "mie gomak" Batak, dengan cara meminjam jenama "spageti" (spaghetti) Italia yang telah mendunia itu.

Menyebut "mie gomak" sebagai "spageti Batak" sama dengan merendahkan nilai kuliner khas budaya Batak itu. Atau hal itu mencerminkan inferioritas budaya Batak terhadap budaya Barat, khususnya Italia dalam kasus tersebut.

Tak terbatas pada soal kasus mie gomak tapi juga merambah ke sejumlah relung ekologi budaya Kaldera Toba. Semisal kota Parapat disebut "Monako Sumatra", lembah dan pantai Meat Balige disebut "New Zealand Toba", dan alam Tao Sidihoni disebut "Swiss Samosir".

Silahkan tempelkan semua jenama wisata kelas dunia pada semua obyek atau destinasi wisata di Kaldera Toba, kupastikan itu tak akan pernah membuat Kaldera Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia.


Begitupun dengan mie gomak. Selamanya dia akan terpuruk di bawah spageti Italia, tak pernah bisa naik mendunia, selama jenama pasta bule itu dilekat-lekatkan padanya. Orang bule sendiri mungkin tertawa geli, sebab rasa mie gomak itu gak ada spageti-spagetinya.

Jika mie gomak Batak harus mendunia, suatu saat, biarlah dia mendunia dengan jenama "mie gomak". Lalu dunia akan tahu, bahwa bila seseorang ingin menikmatinya, maka dia harus pergi ke Kaldera Toba. 

Di sana, di pasar-pasar atau kota-kota kecil di Pulau Samosir atau di garis-luar pantai Danau Toba, di ajang ekologi manusia aslinya, dia boleh menikmati kelezatan mie gomak yang tiada duanya.

Sambil menyesap kenikmatan mie gomak itu, sekalian dia boleh mendengar kisah kuliner asli Batak itu dari penjualnya yang tak pelit bercerita.

Semangkok mie gomak sedang disiapkan pewarung di Onan Balige, Toba (Foto: Tangkapan layar TikTok @Darve Family,
Semangkok mie gomak sedang disiapkan pewarung di Onan Balige, Toba (Foto: Tangkapan layar TikTok @Darve Family, "Mie Gomak Ma' Renny")

Makanan Antara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun