Mohon tunggu...
Felix Tani
Felix Tani Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sosiolog dan Storyteller Kaldera Toba

Memahami peristiwa dan fenomena sosial dari sudut pandang Sosiologi. Berkisah tentang ekologi manusia Kaldera Toba.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Perlukah Mencantumkan Artikel Media Online dan Media Sosial sebagai Rujukan?

18 Juni 2019   11:16 Diperbarui: 18 Juni 2019   13:16 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: makeuseof.com

Mungkin khawatir dicap plagiat, banyak penulis artikel di Kompasiana memasukkan artikel media online (MOL) dan media sosial (Medsos)  dalam daftar rujukan. 

Pertanyaannya di sini  bukan soal salah atau benar.  Sebab sudah pasti pencantuman semacam itu tidak salah atau sekurang-kurangnya dapat dibenarkan.

Pertanyaannya adalah soal perlu atau tidak perlu.   Jawabanku, "Tidak perlu!".  Nah, sebuah jawaban kontroversial, bukan?   Saya duga, mayoritas menolak jawaban di atas.   Karena alasan terindikasi plagiasi.

Baiklah.  Saya akan sampaikan argumen yang mendasarinya.   Dimulai dari pertanyaan sederhana, apa status yang diberikan pada artikel MOL dan Medsos itu?  Kemungkinannya dua:   "artikel" atau "data".

Jika memberinya status "artikel", sebagaimana adanya, maka tidak ada pilihan lain kecuali mendaftarkannya sebagai salah satu rujukan.   Kalau sudah begitu, tak ada yang perlu diperdebatkan lagi.

Tapi jika memberinya status "data", dalam hal ini data kualitatif dalam wujud teks, maka tidak ada keharusan mendaftarkannya sebagai rujukan. Mengapa?  Begini penjelasannya.

"Data" adalah sesuatu yang dikumpul, diolah, dianalisis, dan kemudian dinarasikan dalam bentuk tulisan.  Dalam hal ini, telah dilakukan pengumpulan, pengolahan, dan  "analisis isi" (content analysis) atas sejumlah artikel MOL dan Medsos. Sehingga artikel-artikel itu tidak lagi dilihat "individu per individu" melainkan sebagai suatu "keseluruhan data".   Dengan demikian, dia telah kehilangan hakekat sebagai sebuah artikel rujukan.

Saya beri contoh.  Waktu saya menulis artikel "Mengenal 'Negeri Matahari Terbit' di Tanah Batak" (K, 6/11/18), saya terlebih dahulu membaca banyak artikel MOL dan Medsos.   Saya harus lakukan itu karena saya sejatinya belum pernah berkunjung ke Parsoburan yang saya sebut "Negeri Matahari Terbit".

Batas perhentian saya mencari dan membaca artikel MOL dan Medsos adalah saat telah mencapai "titik jenuh" (redundant).   Jenuh dalam pengertian, setelah membaca misalnya lima artikel tentang ekonomi Parsoburan, lalu menambah bacaan dua atau tiga artikel lagi, saya tidak menemukan informasi baru lagi.  

Pada titik itu saya berhenti mencari dan membaca artikel baru.  Karena saya sudah tahu tulang punggung ekonomi Parsoburan adalah padi sawah dan kebun kopi, kemenyan, dan andaliman.  Pengetahuan inilah yang kemudian saya angkat dan tuangkan dalam artikel saya.

Saya tak  perlu lagi  menyebut lima atau delapan judul artikel MOL dan Medsos tadi dalam daftar rujukan.   Status artikel-artikel itu bagi saya adalah "data kualitatif".   Dengan mengumpul, mengolah, dan menganalisisnya, saya kemudian bisa membuat narasi tentang ekonomi (agribisnis) Parsoburan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun