Mohon tunggu...
Muhammad Ridha
Muhammad Ridha Mohon Tunggu... Technopreneur

Berhenti berkhayal dan mulai bertindak!

Selanjutnya

Tutup

Kandidat

Kisah Sukses Pemuda Minang Audy Joinaldy, Calon Wakil Gubernur Sumatra Barat

12 Juli 2020   22:41 Diperbarui: 12 Juli 2020   22:52 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Sukses Pemuda Minang Audy Joinaldy, Calon Wakil Gubernur Sumatra Barat
Pemuda Minang Audy Joinaldy Calon Wakil Gubernur Sumbar| Dokpri

Namanya memang santer diberitakan sejak pencalonan Audy Joinaldy menjadi wakil gubernur Sumatera Barat bersama Mahyeldi Ansharullah. Sosoknya yang kalem dan dipandang sebagai cowok berwajah rupawan dan sukses semakin menaikkan popularitas Audy Joinaldy.

Tanpa membahas lebih banyak soal kiprah kampanyenya, Tulisan ini justru ingin membahas perjalanan kesuksesan Audy Joinaldy generasi muda yang berasal dari Minangkabau. Ternyata ada banyak kisah menarik di balik sosok Audy Joinaldy. Selain berkecimpung di dunia politik, sosok ini telah lebih dahulu dikenal sebagai pengusaha.

Kesuksesannya membangun usaha di Indonesia Timur tak serta merta didapat begitu saja. Ada banyak jatuh bangun yang harus dihadapi. Mesti tak mudah, dari situlah semuanya menjadi titik balik seorang Audy Joinaldy untuk mengembangkan usahanya menjadi seperti sekarang.

Setelah lulus IPB, Audy Joinaldy melanjutkan sekolah ke Belanda Wageningen University selama 2 tahun. Sebelum ke Wageningen Audy Joinaldy sempat kerja di salah satu perusahaan pakan ternak asal Korea selama 4 bulan. Selesai dari Wageningen tidak susah bagi Audy Joinaldy saat itu untuk mencari pekerjaan. Audy Joinaldy langsung diterima di perusahaan pakan ternak terbesar di Indonesia bahkan Asia dan Dunia. Audy Joinaldy bekerja selama hampir 5 tahun di perusahaan tersebut dengan jabatan sebagai Manager untuk wilayah Indonesia Timur.

Audy Joinaldy mendapatkan training selama 6 bulan di seluruh unit bisnis perusahaan tersebut di seluruh Indonesia. Akhirnya Audy Joinaldy ditempatkan di Makassar, dari kota itulah asal muasal kenapa bisnis Audy Joinaldy akhirnya berada mayoritas di Indonesia Timur. Di kota inilah akhirnya lahir dua Grup yang dipimpin oleh Audy. Perkasa Group yang bergerak dibidang peternakan dan Lintas Agro Group yang bergerak di bidang pertanian.  Kedua Grup usaha tersebut terus melebarkan sayapnya di Indonesia Timur. Yaitu di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, Maluku Utara, NTB, NTT bahkan sampai ke Papua.

Katanya sih badan gemuk dan perut buncit lambang kemakmuran. Tapi tidak bagi Audy Joinaldy.

Milenial Sumbar Audy Joinaldy|Dok Audy Joinaldy
Milenial Sumbar Audy Joinaldy|Dok Audy Joinaldy
Meski katanya lambang kemakmuran identik dengan badan gemuk dan perut buncit, nyatanya tidak berlaku pada Audy Joinaldy. Audy dikenal sebagai orang yang gemar berolahraga, dari sepakbola hingga lari semua ia lakoni. Bahkan, ia juga kerap mengikuti lari maraton yang diselenggarakan di berbagai negara. Menurutnya, kesehatan merupakan investasi yang sangat penting. Dan dari lari, minimal 10K setiap hari, memberikan inspirasi lebih untuk menjalani hari.

Audy Joinaldy juga aktif berorganisasi. Mulai dari Ketua Umum Himpunan Alumni Fakultas Peternakan IPB (Hanter IPB) hingga masuk ke partai politik.

Tak hanya sibuk mencapai target dalam memperoleh laba perusahaan miliknya, Pengusaha Minang Audy Joinaldy juga aktif berorganisasi. Ia sempat menjabat sebagai Presiden Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Wageningen Netherlands. Selain itu, Audy juga sebagai Bapak Asuh Futsal IPB

Mengingat, berorganisasi juga menjadi pengalaman berharga untuk menumbuhkan rasa percaya diri, melatih kemampuan bekerja dalam tim, meningkatkan jiwa kepemimpinan dan tentunya membangun networking.

Membangun sebuah bisnis bukanlah perkara mudah, tapi tak akan menjadi sulit jika bersama kemauan yang kuat, etos kerja dan doa yang selalu dipanjatkan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x