Mohon tunggu...
Ibrahim Aji
Ibrahim Aji Mohon Tunggu... self learner

as long as I live, so long do I learn

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Mencoba Kereta Lokal Surabaya Kota-Bangil

24 Januari 2020   18:59 Diperbarui: 29 Januari 2020   17:43 465 9 2 Mohon Tunggu...
Mencoba Kereta Lokal Surabaya Kota-Bangil
Stasiun Bangil di Pagi Hari | Dok. pribadi (Dokpri)

Hari Selasa (21/01) kemarin saya ada keperluan ke kampus saya yang berada di Surabaya. Setelah liburan lama, dan juga kos yang tidak diperpanjang rasanya mager untuk ke kampus lagi. Biasanya kalau dari Pasuruan Kota, saya selalu mengendarai sepeda motor ke Surabaya.

Selama ini menurut saya jauh lebih mudah kemana - mana kalau naik motor, ditambah mau berangkat dan pulang jam berapapun terserah kita.

Namun, kembali lagi dengan adanya perasaan mager itu rasanya capek kalau harus naik motor. Terbayang macetnya di jalan seperti apa, belum lagi kalau hujan wah repot banget sepertinya. Saya coba deh cari angkutan umum untuk mencapai ke Surabaya.

Bis dari Jember/Probolinggo sebenarnya banyak yang ke Surabaya, tapi rasanya terlalu jauh kalau turun dari Terminal Bungur ke arah kampus saya. Akhirnya coba cari info tentang kereta di KAI-Access, ternyata ada dan jam keberangkatannya pas banget.

Ada beberapa kereta yang berangkat pagi mulai dari 05.35 dan juga ada yang 08.18. Saya memilih yang pukul 08.18 karena harus mengantarkan istri saya terlebih dahulu.

Oh ya, sepertinya untuk pemesanan tiket KA Lokal di KAI Access sepertinya hanya bisa dilakukan di aplikasi LinkAja. Sebenarnya mudah untuk pendaftaran LinkAja dan top up saldonya, tapi rasanya lebih mudah kalau ada pilihan pembayaran melalui transfer bank.

Saya sampai di area Stasiun Bangil sekitar pukul 08.00. Ada  pilihan parkir, bisa di luar stasiun atau masuk di area stasiun. Saya mencoba di luar stasiun dulu, ingin tahu berapa biayanya.

Setelah masuk stasiun langsung diarahkan untuk check in karena tidak perlu untuk cetak tiket, cukup menunjukkan barcode yang ada di aplikasi KAI Access. Mudah kan.

Stasiun Bangil ini terlihat rapi dan bersih, saya mencoba ke kamar kecil juga bersih sekali. Salut deh! 

Suasana Check-in | Dokpri
Suasana Check-in | Dokpri
Suasana Stasiun Bangil | Dokpri
Suasana Stasiun Bangil | Dokpri
Kereta Penataran sampai tepat waktu di Stasiun Bangil pukul 08.15 dan berangkat 08.18. Posisi kursi Kereta Penataran ini 3 - 2 dan saya duduk di posisi tengah, memang saya tidak memilih no kursi sebelumnya jadi ya dapat seadanya.

Mungkin karena ini bukan kereta komuter, jadi setiap penumpang mempunyai no kursi masing - masing. Kalau dilihat dari aplikasi, kereta komuter itu tarifnya Rp. 5.000 dengan nama kereta KRD di KAI-Access. Nanti deh pulangnya kita coba naik komuter ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN