Mohon tunggu...
Moza Aulia Regita
Moza Aulia Regita Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan

-

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Geladi Hominisasi

29 Mei 2022   22:56 Diperbarui: 29 Mei 2022   23:30 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Selama mengikuti geladi hominisasi saya mendapatkan banyak ilmu-ilmu baru. Misalnya, pada saat mengerjakan tugas pra geladi hominisasi saya dapat mendengarkan dan memahami lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza yang sebelumnya jarang sekali didengarkan. Lalu pada saat mengikuti geladi hominisasi yang saya dapatkan adalah pengetahuan berkaitan dengan soft-skill yang dimana kami dilatih dan diajarkan tentang bagaimana memaparkan suatu presentasi dengan benar dan tepat serta untuk dapat memaparkan dengan cara yang kreatif dan inovatif. Selain itu, dengan mengikuti geladi hominisasi kami dapat mengetahui hari-hari besar yang jarang diketahui oleh banyak orang termasuk saya.

Setelah saya mengikuti geladi banyak sekali yang saya dapatkan untuk saya terapkan juga ke dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya dalam kehidupan perkuliahan. Misalnya, dengan ilmu mengenai cara memaparkan suatu presentasi yang baik saya jadi memahami bahwa banyak sekali hal kecil tetapi sebenarnya penting sekali untuk diperhatikan seperti untuk tidak lupa selalu senyum saat memaparkan presentasi, menjelaskan dengan lugas, intonasi dan gerakan tubuh yang tepat, dan kreatif-inovatif yang dibutuhkan dalam pemaparan presentasi.

Pada geladi hominisasi juga dijelaskan bahwa memampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara juga sangat diperlukan untuk mencerminkan optimisme sebagai warga negara dan juga untuk membangkitkan nasionalitas diri. Pemberian tugas pra geladi hominisasi misalnya, dengan mendengarkan dan memahami lagu kebangsaan Indonesia Raya 3 stanza kami dapat menumbuhkan kesadaran akan makna dari nasionalitas dan kebangkitan nasional sesungguhnya. Saya menyadari banyak hal terlebih mengenai kebangkitan nasional bahwa arti kebangkitan nasional dapat diartikan mulai dari diri sendiri yang mampu bangkit dari keadaan-keadaan tertentu yang dapat menggugurkan rasa semangat, yang berarti kebangkitan nasional sendiri dapat diartikan bahwa adanya kebangkitan nasional sebenarnya dapat dimulai dari diri individu terlebih dahulu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun