Mohon tunggu...
Mosa Kanaka Thaariq
Mosa Kanaka Thaariq Mohon Tunggu... Lainnya - Hi

Halo

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjaga Pancasila untuk Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

22 Oktober 2021   19:59 Diperbarui: 22 Oktober 2021   20:03 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pancasila adalah Dasar Kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proses lahirnya Pancasila menjadi sejarah yang tidak akan pernah terlupakan oleh bangsa Indonesia. Kata Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta. Panca berarti lima dan Sila berarti prinsip atau asas. Masing--masing sila mengandung nilai--nilai yang menjadi pedoman bagi Bangsa Indonesia. 

Nilai-nilai Pancasila terkandung dalam pembukaan UUD 1945 secara yuridis memiliki kedudukan sebagai pokok kaidah Negara yang Fundamental. Adapun pembukaan UUD 1945 yang di dalamnya memuat nilai-nilai Pancaasila, yang bilamana dianalisis makna yang terkandung di dalamnya tiak lain merupakan derivasi atau penjabaran dari nilai-nilai Pancasila.

Sebagai dasar negara dan falsafah hidup berbangsa yang melandasi seluruh aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila terbukti mampu melindungi dan melindungi seluruh warga negara yang berbeda suku, agama, dan ras. 

Lima Perintah dan 45 Asas yang terkandung dalam Pancasila merupakan pedoman yang sangat ideal untuk mengatur perilaku seluruh warga negara Indonesia dan perlakuannya terhadap sesama sebagai bagian dari negara Indonesia, serta untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara telah menghadapi banyak ancaman, terutama yang berasal dari negara kita sendiri. Ancaman itu bahkan muncul sejak Indonesia menjadi negara merdeka dan mulai menetapkan Pancasila sebagai dasar negara. Meski demikian, Pancasila dapat dengan gagah berani menghadapi berbagai ancaman tersebut hingga mampu bertahan hingga saat ini.

masyarakat Indonesia terdiri dari latar belakang budaya, etnis, ras dan agama yang sangat berbeda. Oleh karena itu, tidak heran ketika Pancasila sedang dirumuskan sebagai pembentukan negara, terjadi begitu banyak perdebatan panjang. Namun, para pendiri bangsa ini telah berhasil merumuskan ideologi nasional yang mencakup semua golongan dan kepentingan NKRI.

Artinya, Pancasila diperuntukkan untuk seluruh masyarakat yang mengakui Indonesia sebagai kebangsaan dan kenegaraannya. Maka dari itu Pancasila dibutukan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia jika tidak negara ini akan runtuh. 

Diharapkan agar semua masyarakat dapat menerapkan aksi toleransi yang terkandung dalam Pancasila tidak hanya sekedar mengetahui saja namun melaksanakannya dalam kehidupan. Kita jadikan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber pertahanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan