Monique Rijkers
Monique Rijkers profesional

only by His grace

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Gus Yahya Bertemu PM Israel Benyamin Netanyahu

14 Juni 2018   22:43 Diperbarui: 15 Juni 2018   13:26 1859 7 5
Gus Yahya Bertemu PM Israel Benyamin Netanyahu
dok: David Svoboda

Ada kabar baik dari Yerusalem, Israel, semalam waktu Indonesia atau pagi waktu Yerusalem. Gus Yahya, tokoh umat Islam di Indonesia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Sebagai bangsa Indonesia tentu kita patut bersyukur Indonesia mulai mengambil langkah mendekati kedua pihak yang berkonflik yaitu Israel dan Palestina. 

Selama ini konflik terutama terjadi antara Hamas yang menguasai Gaza dengan Israel. Otoritas Palestina tidak sanggup mengatasi kekuasaan Hamas di Gaza. Bahkan Perdana Menteri Palestina Machmod Abbas pernah 2 kali hendak dibunuh saat mengunjungi Gaza. Karena itu sudah 10 tahun Abbas tidak pernah berkunjung ke Gaza. Konflik Palestina dan Israel seharusnya dilihat sebagai problem kekerasan karena Hamas adalah organisasi yang berpotensi membahayakan.

Jika masih banyak orang Indonesia yang menilai konflik Israel dan Palestina karena penjajahan, itu sangat salah. Palestina sudah mendeklarasikan kemerdekaan pada 15 November 1988 di Aljazair. Palestina sudah diakui oleh 137 negara di PBB, cuma pesoalan waktu saja menunggu Amerika dan sejumlah negara besar lainnya untuk mengakui eksistensi Palestina. 

Justru Indonesia harus berjuang agar Palestina diakui sebagai anggota PBB. Namun meski sudah 3 kali Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia belum berhasil membuat Palestina diterima PBB. Kini Indonesia terpilih keempat kalinya, kini Indonesia bisa menjadi negosiator di PBB dan menjadi mediator antara Israel dan Palestina. 

Konflik Israel dan Palestina berakhir saat Indonesia mulai menjadi mediator pemberi solusi damai. Semoga langkah positif Gus Yahya ini diapresiasi oleh pemerintah dan bangsa Indonesia karena dunia ini butuh para inisiator perdamaian. Jadi ingat Gus Dur, in Gus we trust

Saya sebagai pendiri yayasan Hadassah of Indonesia yang mengedukasi orang Indonesia tentang konflik Israel dan Palestina mendorong peran Indonesia dalam mencapai perdamaian. Anggaplah ini kado istimewa dari Indonesia untuk dunia. Shalom untuk Indonesia, Israel dan Palestina. 

Info: Deklarasi Kemerdekaan Palestina bisa dilihat dari situs PBB palestineun.org

Foto dari koleksi pribadi dengan izin untuk dipublikasikan.