Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Yang Patut Dikenang dan Dirayakan

31 Mei 2021   12:50 Diperbarui: 31 Mei 2021   14:35 402
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Profil akunku di Kompasiana ( Kompasiana.com )

Shalom  Diary, ketemu  lagi  yah.

Hari  kemarin tepatnya  tanggal  30 Mei, kiranya  patut  dikenang, karena  tepat  1  tahun  saya  bersama  Kompasiana  dan  mendapat  sebutan  Kompasianer.

Pandemi  ini  blessing  in the  disguise , Betapa  tidak ?Ketika  Lock Down awal  Maret, akhir  Februari  2020 saya  baru  kembali  dari  kunjungan  ke  Philippines, ya  begitulah  keadaanku, datang  pergi, datang  dan  pergi  lagi, seprti  syair  lagunya  Titiek  Puspa, hingga  saya  mesti  siap  2  koper, 1  terisi  lengkap  pakaian  dan  segala  kebutuhan, yang  satunya  siap  dibongkar.

Nah, banyak  hal  yang  dulu  tidak  saya  lakukan  kini  kukerjakan, berkebun, dengan  poliback, mengiris  sisa  sayur  dan  kulit  buah  kujadikan  pupuk, naik  speda statis, jalan-jalan  keliling  kebun, Olah  raga  ringan, dan  kerja  administrasi, sewaktu-waktu juga  pergi  jika  diperlukan  dan  ada  hal  penting, itupun  dengan  menjalankan  protocol  ketat.

Nah suatu  hari  saya  dapat  kiriman  artikel  dari  sobatku, yang  menulis  di  Kompasiana. Saya  baca  dan  mau  beri  komentar, koq  nggk  bisa  ya? Ternyata yang  bisa  memberi  komentar  dan  vote  adalah  sesama  K-Ner. Dari  situ  saya  di bujuk  untuk  jadi  anggota  Kompasiana, dengan  pelbagai  alasan. Akhirnya  saya  mencobanya.

Saya  masih  ingat  artikel  yang  saya  upload adalah  puisi  berjudul  " PIETA", merupakan  Puisi  permenunganku  ketika  pertama  kalinya  saya mengunjungi  Basilica  St  Petrus  di  Roma  Italia. Saya  tahu  ada  patung  Pieta, karya  besar  Seniman  akbar  jaman  renaissance yaitu   Michael  Angelo. Waktu  itu  kami  diberi  waktu  6  jam  untuk  keliling  Basilica, saya  duduk  termenung  di depan  Pieta, dan  lahirlah  Puisi  itu  di  bulan  Mei 1990.

Karya  seni  senantiasa  saling  menginspirasi. Konon  Michael  Angelo  terinspirasi  oleh  Puisi   " in  Paradiso "  karya  Dante, ketika  dia  melihat  keilahian ketika  Beatrix  yang  menyertai  Dante  menghilang. Michael  Angelo  menuangkan  rasa  Puisi  itu  dalam  karya  pahatnya, dia  membuat  wajah  Bunda  Maria  nampak  begitu  muda, seolah  anak  dari  Puteranya  yang  sedang  mati  dipangkuannya. "  The Daughter of  The  Son"  itu  terpahat  dalam  Pieta  Michael  Angelo.

Mengapa  Puisi  itu  kujadikan  upload-an  pertama?  Karena  saya  ingin mempersembahkannya  kepada  Sang  Bunda, supaya  apa  yang  kutulis  punya  roh  yang  menginspirasi  para  pembaca. Walaupun  Puisi  itu  tidak  mendapat  label, saya  juga  tak  tahu  apa  artinya di label.

Dari  hari  ke hari, saya  belajar  meng- uplad  foto  saja  sering  keliru, kebesaran  sizenya  hingga  jungkir  balik, sering  ditegur  admid, karena  tidak  menyematkan  keterangan  dari  mana  sumber foto.

Seperti kata sobatku  Adik  Dhionisius  Agus  Puguh  Sentosa yang  mengajakku, di  Kompasiana  itu  mengasyikkan, banyak  berjumpa  dengan  penulis  hebat  dan  baik  hati.

Sungguh  terbukti, Bp  Tjiptadinata &  Bunda  Roselina  yang  pernah  kuceritakan menyapaku  pertama  kali, Romo  Bobby juga menunjukkan  jati  dirinya  via  email. Dan  tak  terasa  saya  punya  banyak  sahabat, meski  belum  pernah  bertemu, rasanya  sudah  kenal  lama dan  menjadi  seperti  saudara. Apalagi  setelah  saya  ikut  menulis 150 penulis  di buku  Kenangan  Wedding  Anniversary  Bp  Tjip &  bunda  Rose, saya  makin  mengenal  banyak  penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun