Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kuhadiahi Diriku Supaya Tidak Lupa untuk Bahagia

6 Maret 2021   20:43 Diperbarui: 6 Maret 2021   22:08 1223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Waktu luang untuk bermain ( Pixabay.com )

Apakah  memberi  Reward  pada  diri  sendiri  itu  perlu?, Apakah  mengapresiasi  diri  itu  berguna? Bagiku  amat  sangat  penting, perlu  dan  harus  dilakukan. Kalau  bukan  diri  sendiri  yang  memberi  appresiasi, lalu  siapa?  Nunggu  orang  lain? Nanti  mah  dikiranya  cari pujian?

Secara  psikologis seseorang  perlu  mengapresiasi  diri  sendiri, memberi  Reward  atau  hadiah, supaya  kita punya  semangat  yang  seimbang, kehidupan  jiwa, mental, spiritual  dan daya  kerja  dan  daya  juang  kita tetap  seimbang dan  bergairah, bersemangat.

Bahkan  dalam  Retret  Penyadaran  diri  hal  ini  penting  dilakukan. Bukan  untuk berbangga  diri  yang  menghasilkan  kesombongan, bukan, tapi  untuk  menumbuhkan  kesadaran  bahwa  kita  dicintai  Tuhan, lalu  tumbuh  rasa  bahwa  kita  pantas  dicintai  dan  mencintai  orang  lain, mampu  melakukan  kebaikan, mampu  berbagi  berkat, mampu  terus  bersyukur, apapun  situasi  kita.

Dulu  pernah  dalam  suatu  artikel  saya  tulis, untuk  menumbuhkan  KESADARAN  diri, setiap  bangun  pagi saya  selalu  biasakan  bercermin  dan  mengatakan  kepada  diri  sendiri :  "Saya.... Maria  Monika, kamu  dicintai  Tuhan  tanpa  syarat " Nah  itu  sudah  merupakan  Reward  yang  sederhana  namun  hasilnya  luar  biasa.

Kalau  saya  dicintai  Tuhan, apa  yang  saya  pikirkan, katakan, perbuat adalah  hal  yang  berkenan  pada-Nya kan?  Seperti  kalau  kita SADAR mengalami  Cinta kasih dari  orangtua  kita, tidak  mungkin  kita  akan  melakukan  sesuatu  yang  membuat  orang  tua  kita  malu, mencemarkan  nama  baik  mereka.

Demikian  juga  saya  sebagai  biarawati, kalau  saya  SADAR mencintai  Tarekat /kongregasiku, maka  saya  akan  melakukan  yang  terbaik  dan  berguna  untuk  Tarekat/ Kongregasi, untuk  para  susterku. Meskipun mungkin saya  tidak  mendapat  apresiasi, saya  akan  tetap  melakukan  yang  terbaik, karena  saya  Sadar, Tuhan  memberkati  saya  dengan  limpah  ruah, dan  sebagai  tanda  rasa  syukur  itu  sayapun  berbagi  berkat.

Reward --Hadiah  dengan  hal-hal  sederhana

rekreasi bersama komunitas ( dok pri )
rekreasi bersama komunitas ( dok pri )

Saya  selalu  memberi  hadiah  pada  diri  sendiri  dengan  berjalan-jalan  keliling  kebun, sambil  menyanyi  lagu  kesukaan mulai  dari  lagu  Rohani  sampai  lagunya  Ebied G  Ade, Bimbo, Chrisye, Titik  Puspa, bahkan  Josh Groban atau  Il  Divo, lengkap  sudah. Tidak  mengganggu  orang  lain, kalau  mereka  mendengar  dan  tertawa  yang  terserah  ha..ha..ha,  bikin  diri  sendiri  dan  orang  lain  bahagia kan ?

Kalau  saya  sedang  keliling  ke  komunitas-komunitas, apalagi  dimasa  pandemic  ini  naik  mobil  sendiri  lebih  bisa  membawa  macam-macam  untuk  dibagikan.  Saya  biasa  bawa  polybag nah  kalau  ada  tanaman  yang  bagus, berguna, maka  saya  minta  dari  komunitas  itu  kutanam  dan  bisa  untuk  ajang  berkebun. Hal  itu  merupakan  hadiah  yang  menyehatkan bagi  diriku.

Atau  saat  sebelum  pandemic, ada  Susterku  paling  suka  tanaman  dan  tangannya  memang  dingin, kubelikan  bebungaan  yang  murah  meriah, hasilnya  kebun  di  Rumah  Khalwat  jadi  indah.

Seperti  bulan  lalu  saya  sempat  tinggal  di  komunitas  Notre  Dame  Bekasi banyak  hal  yang  dapat  kulakukan  untuk  memberi  Reward pada  diri  sendiri  dan  Komunitas mau  tahu  apa  hadiahnya? Pergi  ke  danau  Ciberem, makan  siang  disana, perjalanan  hanya  10  menit  dari  biara. Keliling  daerah  sekitar, ada  sayuran, kedelai, rambutan,  trus  beli  dan  dimakan  bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun