Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Teenlit Berbahasa Maling

17 November 2020   07:24 Diperbarui: 17 November 2020   07:28 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Remaja senantiasa berkreasi & bergaya (dok pri )

Tahukan  para  pembaca  bahwa kaum Teen lit suka  menggunakan  Bahasa  yang  tidak  mudah  difahami, atau  tidak  dimengerti  oleh  orang  lain? Cerita  ini  bekisah  tentang  sekelompok  remaja  putri  di sekolahku. Mereka  nampak  sangat  heboh  disertai  dengan  canda  tawa.

Cerita  makin  seru, namun  jika  orang  itu tidak  faham  akan  Bahasa  yang  digunakan pasti  tidak  akan  mengerti  apa  maksudnya.  Dunia  remaja  memang  sangat  kreatif mereka  menggunakan  “ Bahasa Maling “ (  Bahasa  Pencuri ini  hanya  istilah,  yaitu  Bahasa  yang  hanya  dikuasai  dan  menjadi kesepakatan  mereka.

Ada  banyak  cara  menggunakaan  Bahasa  Maling, ada  yang  langsung  di  ucapkan  ada  yang  memakai  gerakan  tangan seperti  Bahasa  untuk orang  tuna  rungu, namun  rumus  dan  kodenya  tentu  berbeda.

Penulis  pernah  muda  jadi  tahu  tentang  “Bahasa  Maling”  itu.  Kembali  ke  sekelompok  remaja  putri tadi, yang   semakin  seru  ngobrol  sahut  sahutan.  Waktu  itu  saya  bertugas  sebagai  Kepala  Sekolah  SD. Sedang  mereka  remaja  SMP &  SMA. Ketika  saya  mendekat, karena  jam  istirahat  dan  banyak  yang  saya  lakukan  entah  itu mengambil  daun  yang  layu  pada  pot  tanaman, atau  memungut  sampah.

Yang  jelas  mereka  abai  akan  kehadiran  saya.  Toh  saya  tidak  tahu  pikirnya. Sehingga  mereka  terus  mengobrol tentang  para  remaja  putra  idamannya.  Bagi  mereka  tidak  ada  rahasia  lagi  untuk membicarakannya  “ Antar  mereka”.

Nah  setelah  mereka  tenang  dan  rupanya  obrolan  selesai, “ ada  rasa  jail  saya  yang  muncul “  spontan  saya  bilang :  “hafa  yofo  ngofo mofong  afa pafa”( hayo  ngomong  apa )  itu  saya  ucapkan  dalam  “  Bahasa  Jawa “  karena  mereka  juga  memakai  Bahasa  Jawa. Sontak  mereka  berteriak  :”  Susteeeer  tahu  ya  yang  kami  omongin “, ya  tahu  lah “, jawabku. “Saya  kan  pernah  muda  juga”

Nah  itulah  Bahasa  maling  yang  biasa  digunakan  REMAJA yang  kerennya  disebut  “ Teen Lit “, Untuk  mengetahui  arti  Bahasa  itu caranya  mudah perhatikan  kata  depan dan  tambahannya  tinggal  menyesuaikan  sesuai  kesepakatan  mereka.  

Misalnya : “ Heri  anak 2 D  itu  tampan  sekali “  Hefe Rifi  afa  nafak 2D  bisa  juga  diucapkan  dufu  afa  defe) ifi  tufu  tafa mafang  sefe kafa lifi “  jadi  kacau  kan  yang  dengarnya?  Bisa  juga  di  tambah  da, di du. Pasti  yang  mendengar  tambah  bingung. Namun  kalau  kita  tahu  rumusnya  dan  biasa  menggunakan  Bahasa  Maling pasti  terus  tahu  apa  yang  mereka ucapkan.

Remaja bermain bersama ( dok pri )
Remaja bermain bersama ( dok pri )
Saya  pernah  punya  pengalaman  lucu  sewaktu  di  England. Saya  punya  teman  dari  Brasil yang  tinggal  di  biara  kami  dan  belajar  Bahasa  Ingris (  karena  dia  karyawan  kepercayaan  para  SND  di  Roma ) namanya  Lorine, seumur  denganku.

Kebetulan  juga  punya  banyak  persamaan, lalu  saya  ajari  Lory “ Bahasa  maling “  jadi  kalau  mau  ngobrol  yang  hanya  kami  ketahui berdua  kita  pakai  Bahasa  Maling.

Dia  orang  Brasil  Bahasa  ibu  Portugis, saya  Bahasa Indonesia. Tapi  kami  berdua  bisa  berbahasa  Maling  dengan  lancar  dalam  Bahasa  Inggris.  Sampai-sampai  para  susterku  yang  sudah  tua  itu  mengira  saya  fasih  Bahasa  Portugis, sungguh  sangat  lucu, setiap  kali  Susterku  bilang :”  Sr  Monika  itu  kalau  bicara  sama  Lory  pakai  Bahasa  Portugis, lucunya  Lory  mengamininya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun