Mohon tunggu...
Irza Aditya
Irza Aditya Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Aneka Ragam Sambal Penambah Nafsu Makan

15 September 2017   15:26 Diperbarui: 15 September 2017   15:35 0 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia, negara yang kaya akan budaya dan juga kulinernya. Salah satu kuliner yang jadi favorit masyarakat Indonesia adalah sambal. Memang, sambal sebenarnya adalah pelengkap makanan, namun bagi sebagian masyarakat khususnya bagi para pecinta pedas sambal merupakan menu wajib untuk disantap bersama makanan utama.

Beragam suku dan budaya di Indonesia menjadi salah satu faktor adanya aneka ragam sambal yang berbeda. Tidak sedikit dari sambal di Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas. Berikut ragam sambal di Indonesia yang dapat membuat kamu ketagihan bahkan menambah nafsu makan kamu!

1. Sambal Matah

Berasal dari Pulau Dewata, sambal khas Bali yang satu ini menjadi salah satu daftar sambal yang menjadi incaran oleh pecinta sambal. Kata "Matah" berarti mentah, Sambal Matah berarti Sambal Mentah. Untuk membuat sambal ini tidaklah sulit, karena bahan-bahan yang digunakan mudah untuk dicari. Bahan yang digunakan dalam membuat sambal matah ini seperti bawang merah, cabe merah, cabe hijau, potongan tomat, daun jeruk. serai dan terasi bakar. Semua bahan-bahan tersebut kemudian dirajang kecil-kecil, llu diberi air perasan jeruk nipis dan disiram dengan minyak goreng panas. Biasanya sambal matah disantap dengan ikan bakar.

2. Sambal Cabe Hijau

Jenis sambal yang satu ini pasti sudah tak asing lagi ditelinga kalian. Sambal kebanggaan masyarakat Indonesia ini sangat mudah dicari. Umumnya sambal hijau dapat ditemukan di restoran padang. Makan nasi padang memang tak lengkap rasanya tanpa sambal hijau. Karena rasanya tidak begitu pedas, maka jenis sambal yang satu ini cocok bagi kalian yang tidak terlalu suka dengan rasa pedas. Seporsi nasi hangat dengan sambal cabe hijau mampu membuat siapapun yang menyantapnya ketagihan!

3. Sambal Cibiuk

Sambal khas Jawa Barat yang satu ini terkenal dengan rasanya yang sangat pedas. Berasal dari Garut, bahan yang digunakan dalam membuat samal cibuik adalah bahan-bahan mentah seperti cabe rawit hijau, tomat hijau, bawang merah, bawang putih, daun kemangi, kencur, terasi dan gula merah. Meskipun memiliki rasa yang sangat pedas, Sambal Cibiuk tidak menimbuk rasa panas di perut bila di konsumsi.

4. Sambal Bawang

Bagi kamu para pecinta pedas, jenis sambal ini sudah tak asing lagi di dengar. Sambal Bawang menjadi salah satu sambal favorit para pecinta sambal. Selain mudah ditemukan, jenis sambal yang satu ini juga dapat dikreasikan dengan berbagai macam makanan. Namun, umumnya sambal bawang paling sering disantap dengan lauk pauk sederhana seperti tahu dan tempe. Bila kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat, banyak sekali rumah makan penyet yang menggunakan sambal ini sebagai bahan utama mereka. Seporsi nasi hangat di campur dengan sambal bawang sudah cukup sedap untuk menambahkan nafsu makanmu.

5. Sambal Dabu-Dabu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x