Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Dahnil Sebut Fadli Zon Ogah Jadi Menteri Jokowi, Emang Ada yang Nawari?

22 Agustus 2019   18:26 Diperbarui: 22 Agustus 2019   18:32 839 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dahnil Sebut Fadli Zon Ogah Jadi Menteri Jokowi, Emang Ada yang Nawari?
Fadli Zon dan Dahnil Anzar Simanjuntak/Dok.tribunnews.com

Menteri kabinet Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin memang masih menjadi teka-teki. Namun, beberapa kriteria dan porsinya sudah diungkap oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Tidak ada hujan tidak ada angin, tiba-tiba detik.com melansir berita soal Juru Bicara Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak yang memastikan bahwa Fadli Zon ogah menjadi menteri Jokowi periode kedua ini.

Dahnil juga mengaku tidak tahu apakah Gerindra atau pun Fadli Zon sudah ditawari atau tidak tentang posisi menteri. Pasalnya, hingga saat ini Prabowo belum menentukan sikap apakah akan bergabung dalam pemerintahan atau menjadi oposisi.

Lantas, siapa sebenarnya yang menawari Fadli Zon untuk menjadi menteri Jokowi di kabinet jilid II?

Padahal sebelumnya, Presiden Jokowi sudah memastikan bahwa komposisi kabinetnya sudah final dan tidak boleh diganggu gugat. Sebab itu adalah hak prerogative presiden.

Bahkan, ia memastikan bahwa komposisinya nanti 55 persen akan dijabat oleh kalangan professional dan 45 persen sisanya berasal dari partai politik.

Kalau kabinet kerja jilid II sebanyak 34 orang, maka berarti 19 orang berasal dari professional dan 15 orang lainnya berasal dari kader partai politik. Sedangkan kader partai politik yang dimaksud adalah berasal dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang berjumlah 10 partai.

Dari 10 partai itu, 5 partai diantaranya lolos ke parlemen yaitu PDIP, PKB, Nasdem, PPP, dan Golkar. Sedangkan 5 partai yang tidak lolos parlemen adalah Hanura, Partai Bulan Bintang, PSI, Perindo, PKPI.

Beberapa waktu lalu, Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Muchtar Ngabalin saat diwawancarai di salah satu televisi ini memastikan bahwa tidak ada kubu Prabowo atau kubu 02 dalam kabinet kerja Jokowi jilid II.

Dalam hal ini, semakin jelas bahwa tidak ada tawaran kepada Fadli Zon, karena Presiden Jokowi sudah menutup diri dan sudah memastikan tidak ada kader Gerindra di kabinet baru Jokowi.

3 Parpol Bocorkan Jatah Menteri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN