Mohon tunggu...
Qomarul Huda
Qomarul Huda Mohon Tunggu... Guru - Bapak satu anak

Masih belajar dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Belajar al-Qur'an Itu Keren!! (Part-3)

28 November 2021   15:59 Diperbarui: 28 November 2021   16:21 80 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Siswa sedang menjalani Uji Kompetensi Bacaan (sumber foto: Nurhaqiqi)

Setiap proses pembelajaran pasti ada kegiatan evaluasi yang dilakukan. Evaluasi ini dimaksudkan untuk sejauh mana kemampuan belajar siswa dan menjadi tolok ukur kesuksesan kegiatan pembelajaran. Biasanya dilakukan dengan bentuk ujian atau tes.

Kita mengenal seperti Penilaian Harian, Penilaian Harian Bersama, Penilaian Akhir Semester, sampai yang terbaru seperti Assesmen.

Begitu juga dengan pembelajaran membaca al-Qur'an. Walau mungkin kelihatan sepele, namun proses evaluasi penting untuk dilaksanakan.

MAN 2 Rembang telah menyelenggarakan program dalam rangka percepatan peningkatan mutu siswa dalam membaca al-Qur'an melalui program yang bernama Majelis Muta'allimil Quran atau biasa disebut MMQ.

Untuk bisa menghasilkan mutu bagus tentu harus melalui evaluasi yang ketat. Begitu juga dengan MMQ. Madrasah tidak main-main supaya siswa yang lulus evaluasi benar-benar telah dianggap dapat membaca al-Qur'an dengan baik dan benar.

Tim penguji sedang menyimak bacaan siswa (sumber foto: Tim IT MAN 2 Rembang)
Tim penguji sedang menyimak bacaan siswa (sumber foto: Tim IT MAN 2 Rembang)

Koordinator MMQ, Nurhaqiqi, MA sudah berpesan kepada penguji agar menghilangkan unsur subjektivitas dan memberikan penilaian sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. 

Sekali lagi ini sebagai upaya agar benar-benar menghasilkan mutu yang terbaik. Kalau memang dirasa belum layak lulus silakan memberikan nilai yang sesuai kualitas bacaan, tidak perlu ada rasa kasihan dan sebagainya.

Dalam MMQ MAN 2 Rembang ini kegiatan evaluasi dinamakan Uji Kompetensi Bacaan (UKB). Pada awalnya dirumuskan terlebih dahulu mengenai standar kelulusan yang dimusyawarahkan oleh koordinator dan tiga orang tim penguji yang sudah kompeten di bidangnya. 

Poin-poin penting dalam standar kelulusan seperti kelancaran, bacaan panjang pendek, bacaan dengung-jelas, waqof-ibtida' dan ada tambahan makhorijul huruf.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan