Mohon tunggu...
MOHAMAD RIZKIRAMADANA
MOHAMAD RIZKIRAMADANA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa IAIN KEDIRI

Saya adalah seorang individu yang memiliki beragam minat dan hobi. Salah satu hobi yang saya sangat nikmati adalah menonton YouTube. Saya menemukan bahwa menonton berbagai konten di platform ini memberikan saya hiburan dan juga kesempatan untuk belajar banyak hal baru. Dalam menonton YouTube, saya memiliki berbagai macam preferensi konten. Saya suka menonton video tutorial dan edukatif untuk memperluas pengetahuan saya tentang topik tertentu. Video mengenai bahasa, ilmu pengetahuan, sejarah, dan teknologi adalah beberapa yang sering saya pilih. Selain itu, saya juga menikmati menonton vlog dan konten kreatif lainnya, seperti musik, tari, seni, dan kisah inspiratif. Hobi menonton YouTube ini juga membantu saya untuk tetap terhubung dengan tren terbaru dan berita di berbagai bidang. Saya menganggap YouTube sebagai sumber informasi yang kaya dan beragam, yang dapat membantu saya tetap up-to-date dengan berbagai hal yang sedang terjadi di dunia. Meskipun menonton YouTube adalah salah satu hobi saya, saya selalu berusaha untuk menjaga keseimbangan antara hiburan dan tanggung jawab lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Saya yakin bahwa hobi ini dapat menjadi sarana yang menyenangkan dan bermanfaat selama dijalani dengan bijaksana.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Kel 40 IAIN Kediri Lakukan Pembuatan Titik Lokasi Google Maps di Desa Papar

28 Agustus 2023   23:27 Diperbarui: 28 Agustus 2023   23:29 154
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, menjadi saksi semangat kolaboratif yang luar biasa dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Mahasiswa KKN Kelompok 40 dari IAIN Kediri telah menjalankan inisiatif berharga dengan melakukan pembuatan titik lokasi Google Maps di beberapa titik penting di Desa Papar. Keberanian mereka untuk melangkahkan kaki menuju arah kemajuan tampak dari tindakan mereka yang memikat perhatian.

Dalam upaya memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Papar, para mahasiswa KKN IAIN Kediri melakukan tindakan konkret dengan menciptakan titik lokasi di Google Maps. Tidak sekadar sebagai informasi geografis, titik lokasi ini menjadi jendela bagi masyarakat umum dan calon konsumen yang ingin menemukan UMKM-UMKM tersebut.

Pelaksanaan pembuatan titik lokasi ini dilakukan dengan seksama oleh mahasiswa KKN Kelompok 40. Mereka tidak hanya memetakan tempat-tempat penting dalam Desa Papar, tetapi juga mendiskusikan langkah-langkah dengan pemilik UMKM tersebut. Berikut adalah beberapa UMKM yang sudah diberikan titik lokasi oleh mahasiswa KKN Kelompok 40 yakni seperti Safira Mebel (Safira), Bubut las (Dwi jaya teknik), Botok tawon (WR Lumayan), dan Rahayu (Ceplapokan). Tindakan ini menunjukkan komitmen dalam menjaga hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Inisiatif ini berperan lebih dari sekadar menampilkan lokasi di peta digital. Lebih jauh, langkah para mahasiswa KKN ini adalah wujud konkrit bagaimana pendidikan tinggi dapat berbaur harmonis dengan kebutuhan masyarakat di sekitarnya. Melalui tindakan ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pembelajaran dalam kelas, tetapi juga mempraktikkan nilai-nilai nyata di lapangan.

Semangat para mahasiswa KKN IAIN Kediri yang tampak dalam pembuatan titik lokasi Google Maps di Desa Papar menggugah harapan akan masa depan yang lebih cerah. Dengan demikian, Desa Papar bukan hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga menjadi simbol kolaborasi yang berkesinambungan antara pendidikan dan masyarakat dalam mengangkat perekonomian lokal.


Kegiatan ini menggaris bawahi peran penting perguruan tinggi dalam memberikan dampak positif langsung pada komunitas sekitarnya. Melalui semangat dan langkah konkret ini, mahasiswa KKN IAIN Kediri telah membuka jalan menuju peningkatan ekonomi masyarakat Desa Papar dan membuktikan bahwa kolaborasi nyata dapat mengubah realitas sosial menjadi lebih baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun