Mohon tunggu...
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah
Mohamad Ramadhan Argakoesoemah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen STIE Indonesia Banking School

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Melihat Kesuksesan Zalora Group sebagai Platform E-Commerce dari Pengembangan Sistem Penjualannya

7 September 2023   19:47 Diperbarui: 7 September 2023   20:04 669
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Zalora.com (Versi Internasional) atau Zalora.co.id (Zalora Indonesia) Zalora, adalah sebuah toko daring yang sudah cukup lama meramaikan pasar belanja daring di Indonesia. Zalora adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional.

Zalora didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina. Zalora ini sendiri adalah partner dari toko barang elektronik Lazada.co.id. Zalora.co.id adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian baik baju, sepatu, tas dan aksesoris.

Zalora.co.id sendiri berlokasi di kantor Zalora.co.id Menara Bidakara I, Lt. 17 Jl. Jendral, Gatot Subroto Kav. 71-73, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, 12870 (PT. Fashion Eservices Indonesia). Zalora.co.id memiliki koleksi lebih dari 500 merek lokal dan internasional, Zalora.co.id ialah salah satu situs belanja pakaian daring yang cukup besar dan terkenal di Indonesia dengan rata-rata jumlah pengunjung sebesar 116.266 dalam satu hari (sharingvision.com, 2017). Zalora.co.id memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Situs Perdagangan Fashion terbesar di Indonesia. 

Zalora.co.id telah berusia 6 tahun 4 bulan sejak didirikan pada bulan Juli 2012 telah banyak membantu membangkitkan tren belanja daring di Indonesia.

Bukan hal yang mengejutkan bila berbagai rekor berhasil diraih oleh Zalora.co.id, selain dikarenakan perkembangan yang luar biasa pesat dalam kurun waktu setahun setelah berdiri, Zalora.co.id memberikan jangkauan pengiriman terluas serta ketersediaan beragam merek produk pakaian terlengkap untuk berbagai kalangan. Produk-produk yang ditawarkan Zalora.co.id adalah pakaian, sepatu, aksesoris, produk kecantikan dan perawatan tubuh, hingga perlengkapan dekorasi rumah, serta menawarkan merek-merek terkemuka baik lokal maupun internasional (http://www.zalora.co.id/). 

Layaknya belanja daring pada umumnya, di Zalora.co.id konsumen bisa memilih barang sesuai selera, memesan, membayar dengan transfer tunai, bank elektronik atau menggunakan kartu kredit, lalu barang diantar ke rumah. Namun, rupanya kebutuhan belanja daring lebih dari ini. Faktor kenyamanan menentukan niat seseorang dalam berbelanja di situs belanja daring. Untuk memberikan kenyamanan ini, Zalora.co.id tak hanya menjual barang daring namun melayani pembelinya dengan berbagai kemudahan. 

Seperti pembayaran langsung saat barang diantarkan atau Bayar di rumah (COD) di beberapa kota dan kabupaten seluruh Indonesia. Masyarakat Indonesia yang tadinya memiliki kecenderungan untuk membeli perlengkapan pakaian secara langsung lalu tergiring mencoba daring.

Perusahaan belanja daring bidang fashion binaan Rocket Internet, Zalora bersama dengan situs Rocket Internet lain yaitu The Iconic yang beroperasi di Australia dan Selandia Baru, Zalora memperoleh pendanaan $112 juta (lebih dari Rp 1,3 triliun) dari Access Industries. Zalora adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura. Access Industries juga ambil bagian dalam konsorsium yang memberikan pendanaan $500 juta untuk Rocket Internet dan mereka mengkonfirmasi dana juga adalah di luar scope $500 juta tersebut. Bulan Mei yang lalu Zalora memperoleh $100 juta dari konsorsium yang terdiri dari Summit Partners, Investment AB Kinnevik, Verlinvest dan Tengelmann.

Zalora mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta pada akhir tahun 2013. Salah satu orang terkaya di Indonesia, Antoni Salim selaku pemilik Grup Salim memiliki saham Rocket Internet selaku pemilik zalora.com membeli 10% saham senilai 333 juta Euro pada bulan Agustus 2014.

Dalam melakukan aktivitas penjualannya, sistem penjualan yang diterapkan oleh Zalora.co.id adalah B2C (Business to Customer) di mana target penjualan mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora.co.id yakni ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik aktivitas penjualan ini berada di bawah tanggung jawab Manajer Pemasaran.

Zalora.co.id berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, perlengkapan olahraga, bahkan produk kecantikan. Zalora.co.id menawarkan produk-produk dari berbagai merek terkemuka baik lokal maupun internasional. Konsumen dapat mengetahui estimasi waktu kedatangan produk yang dipesan, caranya yaitu dengan memperhatikan waktu pengirimannya, supaya setiap ingin melakukan pembelian konsumen sudah dapat memprediksi dalam berapa hari produk tersebut akan tiba ke tujuannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun