Mohon tunggu...
Yamin Mohamad
Yamin Mohamad Mohon Tunggu... Guru - Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali.

Guru SD yang pernah tidak memiliki cita-cita. Hanya bisa menulis yang ringan-ringan belaka. Tangan kurus ini tidak kuat ngangkat yang berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Pertama Pasca Lebaran: Apa Kegiatan Sekolah?

9 Mei 2022   12:58 Diperbarui: 9 Mei 2022   19:45 373 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pagi yang cerah. Matahari menghamparkan sinarnya secara paripurna. Cahayanya menerpa permukaan tanah lapang, jalan tanah, hamparan sawah, dan hijau dedaunan. Sepasang kupu-kupu terbang di antara rimbun pohon halaman sekolah. keduanya mengepakkan sayap lemahnya lalu hinggap pada sekuntum bunga. 

Tampaknya pasangan serangga sedang menjalani perannya membantu birahi bunga-bunga. Seekor kadal hijau diam dengan ekspresi siaga untuk melahap serangga kecil yang melintas di hadapannya. 

Pagi yang cerah. Secerah itu wajah-wajah hadir di sekolah. Dua minggu sekolah libur membuat kerinduan warga sekolah menggunung. Dua minggu pula sekolah ditinggal telah membuat serakan sampah organic. Daun-daun dan ranting berguguran. Satu dua sampah plastic tampak di beberapa sudut halaman. 

Pukul 07.00. gerbang sekolah telah dibuka. Anak-anak sudah ramai. Guru-guru juga sebagian sudah hadir. Rupanya surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur cukup manjur. Edaran itu yang mengharuskan sekolah masuk tanggal 09 Mei 2022. 

Guru dan siswa tampak melebur bahu membahu membersihkan sampah yang berserakan di sana-sini. Sebuah pemandangan yang menunjukkan sikap gotong royong yang hamper sempurna. Siswa yang mendapat giliran piket kebersihan di dalam kelas menjalankan tugasnya masing-masing. 

Sejumlah siswa menggunakan sapu lidi untuk membersihkan halaman. Siswa lainnya secara bergerombol membawa bak ukuran kecil dan menjejalinya dengan sampah yang mereka pungut. Tiga bak sampah roda ukuran besar didorong beberapa siswa ke arah timbunan sampah yang telah terkumpul. 

Timbunan sampah itu dalam waktu singkat sudah masuk ke dalam bak.

Tepat pukul 07.30 anak-anak berbaris di halaman. Salah seorang guru memberikan aba-aba baris berbaris. Guru lainnya membantu mengatur anak-anak merapikan barisan sesuai dengan kelas masing-masing.

Hari pertama masuk sekolah pasca lebaran. Suasana idul fitri masih terasa. Momentum itu menjadi kesempatan untuk bermaaf-maafan. Sebelum bersalam-salaman kepala sekolah menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan puasa dan hari raya. 

Pada kesempatan itu pula, siswa diingatkan bahwa pelaksanaan ujian sekolah dan penilaian akhir tahun akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Siswa mendengar dengan penuh perhatian. Satu dua siswa kelas 1 dan 2 tampak bercanda di barisan belakang. Mereka adalah kelompok siswa yang masih sulit berkonsentrasi dalam mendengarkan. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi dan metode berbicara yang menarik untuk memasung perhatian mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan