Mohon tunggu...
Mohamad Gozali
Mohamad Gozali Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah

Di dalam sejuta wajah, terpikat keunikan luar biasa. https://bangsaremukan.blogspot.com https://antiquecarcorner.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Membantu Siswa Mengatasi Tantangan

28 Agustus 2023   10:05 Diperbarui: 28 Agustus 2023   10:11 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar: Photo by Max Fischer: https://www.pexels.com/

Pendidikan merupakan landasan bagi pengembangan generasi muda dalam mewujudkan potensi dan impiannya. Namun dalam proses pembelajaran, tidak jarang kita menjumpai siswa yang  kesulitan dan mendapat nilai buruk.

Sebagai pionir dalam membangun karakter dan pengetahuan siswa, guru berperan penting dalam membantu siswa mengatasi tantangan tersebut. Pada artikel ini, kami akan mengomentari bagaimana guru dapat membantu siswa yang mendapat nilai rendah.

Pertama. Pendekatan empatik

Pendekatan ini menekankan empati dan pengertian bagi siswa yang mengalami kesulitan secara akademis. Guru yang menerapkan pendekatan ini memahami bahwa setiap siswa mempunyai jalur belajar yang unik dan  berbeda. 

Ketika berhadapan dengan siswa yang berprestasi rendah, guru perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka. Hal ini dapat dilakukan melalui percakapan pribadi atau sesi konseling. 

Guru harus menciptakan lingkungan yang aman dan terbuka di mana siswa merasa nyaman membicarakan tantangan yang mereka hadapi, baik secara akademis maupun faktor pribadi yang mempengaruhi hasil pembelajaran anak.

2. Analisis pribadi

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang siswa dan tantangan yang mereka hadapi, guru hendaknya melakukan analisis  masalah per masalah. Guru dapat melihat lebih dekat gaya belajar siswa, model pembelajaran yang digunakan, dan pemahamannya terhadap mata pelajaran tertentu. 

Dengan menganalisis hal ini, guru dapat menentukan apakah ada kesenjangan antara metode pembelajaran yang diterapkan  siswa dan persyaratan kurikulum. Analisis ini juga membantu guru memahami konsep penting mana yang belum dipahami  siswa.

3. Pembelajaran kontekstual

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun